-->

Apa Itu Digital Marketing ? Pengertian Digital Marketing Serta Kelebihan Dan Kekurangan Digital Marketing Dalam Konsep Tujuan Pemasaran

Pengertian digital marketing - pada jaman perkembangan teknologi IT sekarang ini bisa membuat kemudahan bagi anda untuk melakukan aktivitas di internet, temasuk salah satunya yaitu bisa di manfaatkan sebagai sarana promosi. Salah satu media yang sering kita kenal pada aktivitas promosi yaitu digital marketing, pada dasarnya konsep digital marketing mencakup banyak hal. Dulu kita sering mengenal yang namanya radio, pesan suara, ataupun televisi, orang dulunya sering menggunakan radio sebagai sarana promosi atau mengenalkan produk brand mereka ke semua orang hanya melalui suara saja.
Apa Itu Digital Marketing ? Pengertian Digital Marketing Serta Kelebihan Dan Kekurangan Digital Marketing Dalam Konsep Tujuan Pemasaran
Untuk harga advertising di radio, ataupun pesan suara memang tergolong murah, mengingat penggunanya lumayan banyak. Namun hal ini kurang efektif lagi untuk strategi digital marketing anda karena sekarang anda diberikan kemudahan yaitu online di media sosial. Digital marketing memang memiliki banyak manfaat dan pengaruhnya besar sekali bagi penjualan bisnis online ataupun pengenalan brand anda di dunia internet, ada banyak tujuan digital marketing yang bisa anda ketahui yakni sebagai pengenalan atau media promosi yang mencakup banyak hal seperti internet marketing ataupun online marketing. Nah apabila anda ingin tahu apa itu digital marketing maka simak saja penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Digital Marketing Untuk Bisnis

apa itu digital marketing ? sebenarnya untuk pertanyaan seperti ini cukup sederhananya saja, pengertian digital marketing adalah cara untuk mempromosikan produk ataupun pengenalan brand secara online salah satunya di internet, yang tujuannya untuk menarik semua pelanggan anda. Dulunya digital marketing sering digunakan media promosi seperti di radio, tetapi sekarang lebih efektifnya di dunia internet karena sudah mencakup banyak jalur marketing agar anda bisa menangkap semua audiens pembeli anda. Dibawah ini ada beberapa pengertian digital marketing menurut para ahli yang bisa anda ketahui untuk menambah wawasan.

  • Menurut Urban, Digital marketing adalah cara ampuh untuk memperluas relasi produk anda agar jangkauan pasar lebih luas di internet, cara ini lebih sederhananya di artikan sebagai tips menjngktkan pemasaran tradisional. Arti digital marketing menurut para ahli ini sebagai definisi pemasaran tradisional yang mencakup semua jalur marketing, seperti one to one, e-marketing dan interactive marketing.
  • Ahli Milley dan Marcolin Digital marketing adalah cara yang efektif untuk menghubungkan bisnis produk brand anda secara luas kepada konsumen maupun perusahaan yang telah di targetkan, bisa dilakukan melalui teknologi interaktif ataupun online interaktif.
  • Ahli Ridwan Sanjaya, Kegiatan promosi digital memang tidak hanya fokus terhadap satu jalur tetapi ada banyak jalan yang bisa anda coba seperti menggunakan yang berbasis web, e-mail, periklanan, atapun adwords. Jadi maksudnya adalah digital marketing mencakup semua jalur untuk memaksimalkan branding anda.
  • Menurut Heidrick Strugless, Dulunya online marketing memang sering menggukan media cetak, televisi, radio dan lain-lain, tentunya pengharuhnya lumayan besar bagi perkembangan branding anda, tetapi sekarang kurang ampuh, mengapa para marketer tidak mengalihkan prosedur pemasaran mereka pada dunia internet sebab kelebihannya yakni gratis.
  • Menurut Klendl Dan Burrow, Dasarnya marketing bisa mencakup proses produksi, proses perencanaan pemasaran, dan pemikiran ide baru, hal ini bisa anda gunakan untuk menjalin hubungan baik antara perusahaan ataupun konsumen guna untuk mengembangkan brand anda.
baca juga untuk anda Apa itu Affiliate Marketing Dan Apa saja Manfaatnya
Di atas adalah pengertian digital marketing menurut para ahli, jadi bisa disimpulkan bahwa konsep digital marketing memang memiliki banyak manfaat, dan dari pengertian dari beberapa memang berbeda tetapi tujuannya tetap sama. Apabila anda sudah tahu pengertiannya lalu apa saja manfaat digital marketing bagi perkembangan branding bisnis anda, silakan simak di bawah ini


Manfaat Digital Marketing Untuk Brand

banyak manfaat bagi brand anda, bahkan hal ini bisa membantu anda untuk menunjang tujuan digital marketing produk agar lebih baik lagi dan lebih mencapai tujuan target market yang tepat, dan pastinya peluang anda untuk mendapatkan banyak pelanggan akan lebih besar, selain itu pula pemasaran digital bisa dilakukan secara gratis tanpa modal sepersenpun kalau anda ahli online marketing.

  • Menghubungkan branding anda dengan konsumen, Saat ini tercatat ada banyak sekali orang-orang yang menghabiskan waktunya di internet, mereka akan sangat menyukai informasi bermanfaat bagi mereka, jadi anda bisa melakukan pemasaran digital untuk menunjang usaha anda agar bisa dikenali semua orang. Ada banyak sekali tools marketing chanell lainnya yang dapat anda gunakan untuk membantu proses digital marketing.
  • Meningkatkan penjualan, Keunggulan digital marketing memang sangat bagus untuk prospek perkembangan bisnis salah satunya yakni bisa meningkatkan penjualan anda. Semakin maksimla jalur marketing yang anda lakukan maka semakin baik pula hasil yang di dapatkan, bahkan dengan memanfaatkan digital marketing dapat membantu anda memperluad relasi konsep bisnis tersebut.
  • Lebih hemat, Tujuan digital marketing adalah menangkap banyak pelanggan, bahkan dalam melakuka  kegiatan pemasaran digital bisa hemat waktu dan yang menguntungkannya lagi bisa anda kerjakan secara gratis. Contohnya dengan melakukan pemasaran produk di media sosial, blog ataupun website lainnya, jadi anda tidak hanya fokus terhadap iklan berbayar tetapi dengan cara gratis pun anda bisa meningkatkan pembeli untuk mengenal brand anda lebih luas. Saat inu tercatat ada banyak usaha kecil yang menjalani proses digital marketing untuk mengembangkan produk mereka dan terbukti bisa membuat branding mereka berkembang hanya melalui pemasaran gratis.
  • Dapat menjangkau pengguna smartphone, Untuk contoh digital marketing yang sering digunakan oleh marketer yaitu memiliki tujuan mencapai pengguna smartphone, saat ini tercatat ada 89% pengguna smartphone yang menjelajahi internet untuk mengetahui infomasi ataupun bersosial media. Dengan memaksimalkan proses pemasaran anda dapat meningkatkan pula trafik organik ke website ataupun brand anda. Tahukah anda bahwa banyak orang saat ini lebih banyak menggunakan smartphone dibandingkan pc sebab sangat mudah dibawa kemana-mana. Ahli marketer sering kali menentukan target market konsumen mereka agar brand produk mereka tercapai dengan tepat.

Selain manfaat digital marketing tenyata pemasaran digital ini memiliki beberapa keebihan dan kekurangannya masing-masing, mengingat banyaknya marketer sering melihat kelebihan yang ada pada pemasaran, bisnis anda memang sangat menguntungkan jika dipadukan dengan pemasaran digital yang tepat. Namun di tengah kemudahan dalam cara kerja digital marketing ternyata mempunyai beberapa kelebihan dan kekurannya simak saja dibawah ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Digital Marketing


  • Dapat menghasilkan keuntungan yang banyak dalam waktu cepat karena jalur marketing yang tepat, serta pemasaran digital yang dilakukan juga bisa dimanfaatkan dengan biaya iklan advertising dan bisa juga dilakukan gratis.
  • Bisa membuat branding produk bisnis anda dikenali semua orang salah satunya konsumen anda dan juga pesaing bisnis anda
  • Bisa membagun media startup bisnis dengan mengandalkan digital marketing sebagai pengenalan produk terhadap jangkauan pasar secara luas, bahkan cocok sekali bagi pemula yang ingin memulai bisnis baru di internet.
  • Dapat dilakukan secara gratis karena anda hanya perlu melakukan pemasaran di blog ataupun media sosial lainnya seperti facebook dan instagram, bahkan dengan adanya pemasaran digital mampu melejitkan bisnis anda sesuai dengan target konsumen.
  • Kelemahan banyak branding produk yang sama, salah satu kekurangan dalam digital marketing adalah banyak branding produk yang sama seperti anda, tentunya dengan ini anda akan kesulitan mendapatkan banyak konsumen karena produk yang dijual memiki tingkat persaingan yang tinggi. Alangkah baiknya anda dapat menjual produk baru yang lemah persaingan agar kesempatan untuk mendapatkan konsumen akan lebih luas.
  • Banyak kompetitor, kelemahan dalam pemasaran digital yang sering di alami pebisnis pemula adalah hadirnya banyak kompetitor pesaing, tentunya anda akan mengalami kesulitan saat bersaing dengan branding mereka. Untuk tips mudahnya anda bisa memperluas lebih luas lagi relasi pemasaran anda, dan jalin hubungan antar konsumen agar pemasaran online anda lebih tepat terhadapg target yang ingin dicapai.
Artikel rekomendasi untuk anda Startegi Pemasaran Produk Baru Untuk Melejitkan Produk Anda
Jika anda sudah mengetahui apa saja kelebihannya, maka anda sudah siap menjalankan pemasaran digital mulai dari sekarang, namun pertanyaannya apakah anda tahu cara membuat digital marketing yang ampuh untuk menarik konsumen anda agar bisa mengenali brand ataupun membeli produk yang anda targetkan. Ilmu ini harus anda miliki sekarang agar jalannya bisnis lebih menguntungkan seiringa perkembangan teknlogi yang berguna untuk menunjang proses pemasaran.

Cara Membuat Digital Marketing Agar Tepat Tertarget


1. Tetapkan tujuan

Memang pemasaran digital harus mengetahui apa tujuan target anda, siapa yang akan membeli produk anda. Jika target anda tepat maka peluang untuk lebih berkembang akan semakin baik, untuk contoh sederhananya anda bisa menentukan target siapa wujud pelanggan anda, apabila target yang anda pasarkan adalah anak muda, maka gunakanlah bahasa yang sopan, santai dan nyaman, jadi jangan gunakan bahasa yang kaku. Karena sifat orang tua lebih menyukai sifat yang kalem atau santai.Teknik digital marketing seperti ini sering digunakan oleh para marketer untuk mengembangkan brand mereka.

2. Optimasi SEO

Poin kedua untuk cara membuat pemasaran digital ini berlaku untuk website ataupun blog yang ingin mendongkrak konten mereka berada di halaman terbaik pencarian google, apapun kata kunci yang diketikan pengunjung maka content anda harus berada di halaman pertama karena konten yang ada di halaman terbaik google akan mendatangkan pengunjung dan pelanghan yang lebih banyak. Strategi digital marketing yang sederhananya untuk mencapai halam terbaik adalah membuat content yang benar-benar bisa memberikan manfaat bagi orang lain, maka dari itu google akan menempatkan artikel anda di nomor 1. Anda akan menjadi pemenang..

3. Optimasi SEM (Search Engine Marketing

Sebenarnya langkah marketing nomor 3 ini hampir sama dengan nomor 1, tetapi poin terakhir ini lebih mendalam dari SEO Onpage, maksudnya anda harus bisa mendatangkan pengunjung untuk bisa masuk ke konen website anda. Maka caranya cukup sederhana, anda hanya perlu membuat kalimat yang bisa menarik perhatian orang lain untuk bisa mengklik content anda. Contohnya dengan membuat kalimat pertama yang benar benar menjual atau mengenalkan brand. Seacrh engine marketing ini sangat penting sekali bagi loyalitas pemasaran digital anda di media online.

Jangan lupa juga klik ini Tips Ampuh Cara Membuat Video Marketing Untuk Pemasaran Anda

Demikianlah artikel tentang pengertian digital marketing, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat lebih bagi anda yang baru mengenal dunia pemasaran digital. Terima kasih
Related Posts