Internet Marketing Dan Bisnis

Prinsip Penerapan Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Contoh Kasus Pertanyaan Dan Profesi

Etika bisnis dan tanggung jawab sosial - mungkin saat ini anda bertanya-tanya atau tidak tahu apa itu etika bisnis ? Etika bisnis adalah cara atau kode etik yang sering dilakukan perusaahaan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, kode etik seperti ini sering kita temui pada perusahaan asing maupun lokal. Tahukah anda penerapan etika bisnis dan tanggung jawab sosial sangat penting sekali dilakukan oleh perusaahaan baru dan ternama lainnya, tujuannya yakni agar sosial dan etika perusahaan tersebut bisa memiliki nilai value yang tinggi.
Prinsip Penerapan Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Contoh Kasus Pertanyaan Dan Profesi
Pada dasarnya setiap perusahaan besar pasti memiliki yang namanya tanggung jawab sosial, dari tanggung jawab disini sudah menjadi bagian ke etika bisnis, maksud adanya hal seperti ini yaitu perusahaan akan memiliki kesadaran bahwa bisnis yang mereka jalani dapat berpengaruh ke masyarakat sekitarnya, hal ini dinamakan dengan prinsip etika bisnis konvensional yang sifatnya umum mencakup masyarakat.

baca juga Pengertian Pemasaran Internasional Fungsi, Tujuan Utama, Jenis-jenis, Konsep, Contoh, Dan Strategi Pemasaran Internasional

Nah anda pasti sudah tahu definisi dari etika bisnis tersebut, sekarang tanggung jawab sosial terhadap masyarakat juga perlu diperhatikan oleh masing-masing perusahaan. Pada dasarnya tidak hanya terhadap masyarakat saja tetapi ada banyak sekali cakupannya terutama adanya tanggung jawab sosial perusahaan terhadap karyawan dan lingkungan sekitarnya. Sebelum melangkah lebih lanjut mengenai artikel etika bisnis dan tanggung jawab sosial pastinya anda juga perlu mengetahui apa saja yang meliputi di perusahaan tersebut,  anda bisa menyimaknya dengan baik di bawah ini yang membahas tentang tanggung jawab sosial bisnis perusahaan.

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Etika Manajemen Perusahaan


  • Etika tanggung jawab terhadap konsumen, ini adalah hal yang paling penting, pastinya setiap peruaahaan besar perlu membuat kenyamanan terhadap konsumen mereka dengan memberikan kenyamanan tersebut maka perusahaan akan loyalitas yang baik di mata pelanggan. Untuk contoh sederhananya bisa dimulai dari distribusi barang, pengiriman produk, hingga ke pengemasan produk. 
  • Tanggung jawab sosial terhadap karyawan, hal ini berbeda dengan konsumen, perusahaan bisa memberikan berhak atau rasa nyaman terhadap karyawan lainnya, artinya pekerja yang ada di perusahaan tersebut akan merasa nyaman saat adanya tanggung jawab sosial bahkan dalam hal ini juga karyawan bisa mengembagkan bakat ataupun mengembangkan diri lainnya, tentunya anda akan merasa nyaman. 
  • Memiliki tanggung sosial terhadap kreditor, hal ini berkatitan erat dengan adanya pengeluaran modal, artinya apabila setiap perusahaan tersebut memiliki masalah dalam keungan seperti mengalami resiko kerugian dan lainnya maka perusahaan tersebut perlu mengabarkan atau memberitahukan kepada kreditor. 
  • Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pemegang saham, pada dasarnya perusahaan harus bisa memberikan tanggung jawab kepada pemegang saham, justru dengan adanya hal seperti ini perusahaan tersebut bisa mempercayai pemegang saham ataupun menyakini keputasan yang ada. Tetapi perlu anda ketahui juga bahwa pemagang saham disini tidak ikut serta dalam manajemen perusahaan tersebut, biasanya pemasok disini berarti sebagai investor yang berperan aktif tentunya pemegang saham akan memiliki jumlah investasi yang sangat besar. Tahukah anda bahwa pemasok atau pemegang saham ini juga bisa meminta tanggung jawab apabila perusahaan tersebut tidak bisa dipercaya, jadi intinya investor akan mendapatkan pelayanan penuh dari beberapa perusahaan.
  • Tanggung jawab sosial terhadap lingkungan, setiap perusahaan perlu adanya sosial terhadap lingkungan sekitar usahanya, artinya setiap usaha yang dilakukan perlu memiliki solusi untuk menghindari kerusakan alam, hal ini sudah termasuk dalam etika bisnis dalam pemanfaatan sdm karena proses produksi barang biasanya menguluarkan banyak bahan yang adanya unsur plastik. Untuk meminimalisir plastik tersebut maka solusi efektifnya ialah melakukan daur ulang plastik menjadi bahan maupun kerajinan tangan yang unik. 
  • Tanggung jawab sosial terhadap komunitas, nah untuk tanggung jawab sosial suatu bisnis ini tergolong ke dalam komunitas, artinya perusahaan yang terlibat dalam mengelola usahanya perlu menyumbangkan dana kepada masyarakat, bisa ke layanan pendidikan, ataupun infrastruktur lainnya yang bisa membantu masyarakat. 
 baca juga Program Bisnis Affiliate Marketing Terpercaya Terbaik Tanpa Modal

Untuk prinsip etika bisnis dan tanggung jawab sosial perlu diterapkan oleh banyak perusahaan saat menjalankan suatu usaha mereka, ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penerapan etika bisnis dan tanggung jawab sosial ini, di antaranya bisa membangun citra positif terhadap lingkungan sekitarnya.

Manfaat Etika Bisnis Bagi Keuntungan Jangka Panjang Perusahaan


Nah dari beberapa jenis tanggung jawab sosial diatas ternyata manfaat etika bisnis dalam perusahaan bisa anda lihat sendiri, manfaat utamanya yakni bisa memberikan dampak keuntungan dalam jangka panjang, simak saja baik-baik dibawah ini





  • Yang pertama yaitu bisa mencegah timbulnya masalah friksi, hal ini sering terjadi pada banyak perusahaan entah ini berasal dari faktor intern maupun ekstern.
  • Pastinya sangat banyak sekali keuntungan ataupun manfaat etika bisnis, yang sering dirasakan bagi perusahaan yakni bisa membangun semangat dan motivasi bahkan bisa juga menjalin silaturahmi dengan banyak perusahaan lainnya. Tentunya dalam banyaknya persaingan akan membuat perusahaan tersebut memiliki nilai unggul.  
baca juga 8 Daftar Bisnis Online Terpercaya Nyaris Tanpa Modal Sepersenpun

Maka dari itu dengan adanya hal seperti ini akan membuat beberapa etika bisnis dan profesi lainnya dalam menjalankan bisnis agar bisa lebih berkembang dan maju, bahkan ada banyak sekali perusahaan yang menjalin hubungan baik dengan perusahaan lainnya, untuk contoh kasus etika bisnis dan tanggung jawab sosial adalah melakukan kegiatan yang mampu diterima oleh banyak perusahaan nasional maupun multinasional. Ada beberapa hal yang perlu di patuhi perusahaan dibawah ini.
  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah produsen perlu memberikan ataupun menawarkan harga yang wajar dan aman guna untuk mempermudah konsumen dalam mendapatkan informasi yang tepat
  • Kedua, setiap perusahaan juga ternyata perlu mengambil biaya dari investor untuk mengembangkan usaha mereka
  • Hal yang terakhir adalah memberikan pelayanan penuh kepada karyawan, bisa dilakukan melalui tepatnya memberikan gaji pokok kepada karyawan, perencanaan, hingga sampai ke keselamatan kerja, tujuan dari ini untuk membangun kesejahteraan karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut

Penutup


Demikianlah artkel tentang Prinsip Penerapan Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Contoh Kasus Pertanyaan Dan Profesi, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca, jangan lupa juga tinggalkan komentar dibawah ini untuk memberikan kritik maupun saran.

Related : Prinsip Penerapan Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Contoh Kasus Pertanyaan Dan Profesi

0 Komentar untuk "Prinsip Penerapan Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Contoh Kasus Pertanyaan Dan Profesi"