-->

Mending Enakan Kuliah Atau Kerja, Bingung Pilih Mana Yang Lebih Penting Setelah Lulus

Mending kuliah atau kerja - pertanyaan seperti itu adalah pertanyaan yang selalu terpikirkan oleh anak remaja yang ingin melanjutkan perguruan tinggi, pada masa itu pasti pikiran anda saling tabrakan atau selalu terpikirkan tentang hal yang sepele yaitu lebih baik kuliah atau langsung kerja dan saya sangat bingung mau ngapain lagi setelah ini, jika anda terpacu dalam pikiran tersebut pastinya anda akan terlihat kebingungan. Nah sebenarnya kuliah disini adalah melanjutkan gelar ke perguruan tinggi, sedangkan kerja berarti anda siap memasuki dunia kerja entah itu memulai menjadi wirausaha ataupun memulai bisnis online dari nol.
Mending Enakan Kuliah Atau Kerja, Bingung Pilih Mana Yang Lebih Penting Setelah Lulus
 baca juga Belajar Bisnis Online Shop Dari 0 Hingga Jago Jualan Di Internet

Sebagian remaja ataupun pelajar yang baru lulus sekolah pikiran seperti judul artikel ini memang wajar dialami karena tepatnya akan menentukan masa depan memang anda sendiri, anda sendiri yang nantinya akan mengukir masa depan di tangan anda, bukan orang lain. Nah bagi anda yang bingung untuk menentukan enakan kuliah atau kerja sekarang artikel ini akan memberikan jawaban secara detail bagi anda untuk pilih kerja atau kuliah, silakan simak baik-baik dibawah ini.

Lebih Baik Kuliah Atau Langsung Kerja


Jujur saya sendiri adalah seorang pelajar tamatan smk, saya terpikirkan untuk melanjutkan bekerja karena tidak ingin membebankan biaya orang tua. Pada dasarnya seseorang tidak ada batasan untuk mengenyam pendidikan hingga ke ujung langit selagi ia masih ada semangat belajarnya, tetapi pendidikan tidak menjamin kesuksesan seseorang, ingat itu contoh sederhanaya adalah banyaknya hadirnya pengusaha di indonesia yang menurut beberapa survei rata-rata mayoritas pengusaha sukses adalah mereka yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Jadi bisa dibilang hanya sebuah tekad untuk menjalani bisnis ataupun usaha tersebut mulai dari titik nol.

Artikel rekomendasi untuk anda 9 Peluang Usaha Jualan Modal Kecil Untung Besar Dan Menjanjikan Untuk Pemula

Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan, mari kita jabarkan terlebih dahulu pertanyaan yang bingung pilih kuliah atau kerja bagi anda yang belum paham, sebenarnya kuliah adalah definisi dari perguruan tinggi yang dimana anda bisa memilih jurusan sesuai dengan minat ataupun bakat anda masing-masing, ada banyak sekali jurusan yang bisa anda tentukan disana sebagai modal awal masa depan. Kuliah sangat penting bagi pelajar yang lulusan sma karena rata-rata tidak cukup banyak memiliki keahlian, berbeda dengan pelajar smk.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian jika anda memulai kuliah setelah lulusan sekolah

 

Mempunyai gelar

Hal ini memang fakta benarnya karena jika anda memulai kuliah maka anda siap untuk mendapatkan gelar, anda bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi bakat anda, dan pastinya juga jika anda cerdas dalam memilih jurusan yang tepat maka anda akan mendapatkan pekerjaan yang tepat pula.

Lebih percaya diri

Apabila anda memulai dengan benar dan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi pastinya anda bisa belajar di bangku kuliah tersebut tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya diri bila berhadapan dengan atasan ataupun dosen anda.

Memperluas Pengetahuan

Ketika anda duduk di bangku kuliah maka anda akan belajar tentang sesuatu yang tidak anda ketahui, pastinya dengan hal ini bisa menambah wawasan ataupun pengetahuan anda dalam belajar-mengajar

Banyak pengeluaran

punya tekad ingin kuliah dari pada kerja, berarti anda siap mengeluarkan modal yang bisa dibilang tidak sedikit, tahukah anda saat ini biaya kuliah per semester dari tahun ke tahun semakin meningkat saja, tentunya dengan adanya ingin akan menambah banyakanya biaya pengeluaran anda saat membayar per semester.

Masih bergantung ke orang tua

Kebanyakan mahasiswa masih belum bisa membayar biaya kuliah yang mahal, pastinya anda masih bergantung ke orang tua, biaya tersebut bisa dikatakan lumayan banyak, mulai dari uang saku tau jajan bulanan hingga biaya pembayaran kuliah per semester.

Diatas adalah beberapa keuntungan dan kerugian jika anda memulai kuliah, jadi anda bisa mempertimbangkan enakan kuliah atau kerja yang bisa anda tentukan sendiri seusai tekad anda masing-masing. bagi anak smk pastinya tahu pertanyaan kuliah atau kerja setelah lulus smk, dibawah ini anda beberapa keuntungan jika anda memilih profesi ke dunia kerja.

Keuntungan Kerja Setelah Lulus SMK Ataupun SMA


Punya penghasilan sendiri

Memang benar, memilih jalan kerja setelah lulus sekolah adalah pilihan yang tepat bagi anda karena disini anda bisa memiliki penghasilan sendiri, bahkan setelah lulus sekolah juga anda bisa membuka usaha sendiri sehingga usaha tersebut bisa fokus dikelola. Coba bayangkan kuliah bisa memakan waktu paling cepat 4 tahun, bisa anda bandingkan jika anda memulai dengan menjalankan bisnis sendiri selama 4 tahun, jadi bisa dibilang dalam kurun waktu 4 tahun potensi usaha anda akan semakin bagus. Untuk membaca contoh bisnis online yang bagus bisa anda lihat disini Contoh Bisnis Online Untuk Anak Sekolahan Pelajar SMK SMA Yang Menguntungkan Di Internet Tanpa Modal

Bisa lebih mandiri

lebih penting mana kuliah atau kerja maka jawaban yang tepat menurut saya adalah langsung kerja, mengapa ! karena disini anda bisa terlihat lebih mandiri dari segi keuangan, anda bisa mengatur waktu ataupun menabung uang hasil kerja anda sendiri sebagai modal usaha lainnya.

Namun ada satu lagi pertanyaan yang sedang terpikirkan di pikiran anda yakni setelah lulus sma mengapa lebih memilih kuliah ketimbang kerja pastinya ada jawabannya yakni lulusan sma (maaf) belum memiliki keahlian, jadi akan kesulitan ketika ingin melamar pekerjaan yang anda inginkan.

Jadi pilih kerja atau kuliah s2 anda harus bisa menentukannya sendiri, untuk contoh sederhanya anda bisa melakukan analisis terlebih dahulu yakni apa saja kerugian yang dihadapi ketika ingin memulai kuliah atau kerja. Menurut saya sendiri untuk pertanyaan lebih penting mana kuliah atau kerja maka jawabannya adalah kerja sambil kuliah, sebab anda bisa membiayai pengeluaran anda sehari-hari.

Solusi Tepat Kerja Sambil Kuliah


Apabila anda berniat untuk kuliah maka solusinya adalah memilih kerja sambil kuliah, tentunya dengan hal ini orang tua anda tidak akan terbebani, di bawah ini ada beberapa cara cerdas untuk solusi memilih kuliah sambil kerja yang perlu anda ketahui
  • Pilih waktu pekerjaan yang fleksibel, sebab anda tidak anda merasa sibuk ketika ingin memulai belajar, contohnya anda bisa menentukan waktu pekerjaan yang fleksibel ataupun sesuai dengan pembagian waktu anda sehari-hari
  • pilihlah kelas karyawan, hal ini perlu anda terapkan karena kelas reguler ataupun karyawan dapat membagi waktu anda lebih produktif ketika memulai kuliah sambil kerja, dan jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang jajan anda sebagai tabungan masa depan.

Gunakan Pinjaman Pendidikan


Ketika anda bingung mencari modal untuk biaya awal kuliah per semester maka anda solusi yang cukup ampuh yakni dengan memanfaatkan pinjaman pendidikan sehingga anda tidak lagi terhalangi oleh masalah biaya kuliah, dibawah ini ada beberapa program perbankan yang melayani pinjaman pendidikan bagi mahasiswa.
  • BNI Cerdas, ini adalah salah satu perbankan terbaik bagi yang ingin meminjam modal sebagai pendidikan kuliah, persyaratannya juga sangat mudah yakni bisa memulai mengajukan pinjaman dari 5 juta hingga ke 200 juta yang memiliki tenor sekitar 36 bulan.
  • BRI Mahasiswa Kredit, modal pendidikan dari bri kredit mahasiswa adalah solusi yang sangat bagus untuk anda, cukup dengan modal membawakan KTP dan KTM maka anda akan mendapatkan biaya pendidikan sesuai dengan kebutuhan kuliah tersebut.

Mengikuti Program Beasiswa


Bagi yang mempunyai keinginan kuat ingin kuliah tetapi tidak memiliki modal sepersenpun maka ada satu jalan yang bagus untuk anda yaitu dengan mengikuti ataupun bergabung dengan program beasiswa. Tahukah anda dari beberapa PTN terkadang bisa memberikan beasiswa dan bidikmisi secara gratis, artinya anda akan diberikan biaya 100% gratis hingga per semester, tentunya hal ini akan membuat anda ringan saat menduduki bangku kuliah. Sering-seringlah mencari informasi beasiswa bidikmisi tidak mampu di sekolah ataupun di internet.

Penutup


Oke, demikianlah artikel tentang mending enakan kuliah atau kerja, semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan bagi anda yang sedang kebingunga, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke media sosial lainnya.

0 Response to "Mending Enakan Kuliah Atau Kerja, Bingung Pilih Mana Yang Lebih Penting Setelah Lulus"

Post a Comment