-->

Penyebab Artikel Blog Menghilang dari "SERP"

Seorang blogger sangat berkeinginan keras agar artikelnya tampil di SERP Google atau mesin pencari,tetapi itu harus sudah memenuhi kebijakan yang mereka cantumkan,jika artikel itu memiliki banyak manfaat bagi pengunjung maka tidak akan lama akan cepat di index mesin pencari.Namun begitu juga sebaliknya apabila artikel yang anda tulis tidak terkandung manfaat bagi pengunjung atau hanya sekedar ingin membuat artikel yang banyak,maka google sangat lambat sekali mengindexnya dan bisa saja artikel itu mengilang tanpa anda ketahui.
Penyebab Artikel Blog Menghilang Dari "SERP"
Kebanyakan blogger mengeluh artikelnya menghilang dari mesin pencari padahal sudah di submit di berbagai banyak situs seperti bing google,search console,dan bing yahoo.tetapi situs itu hanya sekedar untuk membantu blog sobat agar dapat dikenali seacrh engine,lagi pula sebelum mesin google meng-indexnya mereka harus menscan blog anda,guna mengetahui apakah kualitas blog masih baru atau blog yang digunakan mengandung virus.Jika anda belum mengetahui apa penyebab dari artikel blog menghilang dari SERP,sekarang saya akan menjelaskannya dengan lengkap supaya dapat dipahami dengan jelas,seperti dibawah ini.

Penyebab Artikel Blog Menghilang dari SERP

1. Terkena Google Sandbox
Bagi kalangan blogger terkena google sandbox sudah sangat jelas artikel dan blognya akan menghilang,hal ini bisa saja dipengaruhi oleh faktor Optimasi yang sudah tidak lazim di mata search engine,terutama jika salah melakukan optimasi SEO yakni menggunakan teknik Black hat SEO.

Wajib baca : Perbedaan Black hat SEO & White hat SEO.

Mesin pencari google sudah sangat canggih,mereka dapat mengetahui apa yang salah dilakukan bagi seorang blogger,dan apabila ada yang menggunakan teknik black hat seo maka pihak google akan memberikan hukuman yang setimpal yaitu terkena Sandbox.Istillah dari kata sandbox merupakan sand:pasir,box:kotak yaitu kotak pasir,jika di artikan menurut kamus seo sandbox adalah sebuah penjara yang dapat menghilangkan artikel dan blog anda di mesin pencari.

2. Blog yang masih Baru
Terkadang umur blog sangat berpengaruh sekali,terutama pada blog yang masih berumur baru,sebab search engine belum bisa meng-index artikel anda.Dengan penyebab ini artikel dan blog anda bisa saja tidak muncul pada mesin pencari yang sudah di tentukan,anda harus butuh beberapa hari agar dapat dikenali mesin pencari google.

Apabila anda belum mengetahui apakah artikel blog sudah tampil di search engine atau tidak,anda bisa mencoba untuk melihatnya dengan mengetik di adress browser seperti dibawah ini.
site:nama_blog_anda.blogspot.com
Jadi jika masih menghilang atau masih tidak kunjung tampil di mesin pencari berarti anda harus mencoba untuk meningkatkan trafik blog,supaya dapat membantu tahap pengindexan google.

Artikel Rekomendasi : Cara Mudah Meningkatkan Trafik Blog.

3. Telah berakhir masa Honeymoon
Masa honeymoon sering terjadi pada artikel yangmasih baru,kata-kata honeymoon merupakan istillah dari artikel baru yang awalnya menduduki posisi terbaik di mesin pencari,tetapi setelah selang beberapa hari tiba-tiba menghilang begitu saja dari search engine.

Penyebab ini dapat membuat panik bagi blogger-blogger yang pemula atau awam di dunia perbloggingan,namun dari penyebab ini anda tidak perlu panik,karena jika telah berakhir masa honeymoon tidak ada efek sampingnya bagi blog anda sebab penyenab seperti ini sudah sangat wajar dialami bagi blogger lainnya.

4. Template Blog mengandung Virus
Saat ini tempale merupakan pendukung utama tema blog anda,loading yang ringan akan membuat pengunjung merasa nyaman,tetapi anda tidak tahu apakah tempalte yang digunalan saat ini mengandung virus atau tidak.Template yang sudah disisipkan virus maka mesin pencari akan sulit menempatkan artikel anda di search engine.

Baca juga : 6 Ciri Blog yang Dikatakan Pengunjung "Jelek"

Mungkin bisa hanya beberapa hari saja di tempatkan di mesin pencari,jika sudah selang beberapa waktu artikel anda akan menghilang tanpa ada kabar yang anda ketahui,Walaupun anda saat ini menggunakan tempalte premium,namun bila disisipkan virus dari bawaannya pasti sangat berbahaya bagi reputasi blog anda.

5. Artikel hasil Kopi paste
Menulis artikel blog harus butuh ide yang cemerlang agar bisa mendapatkan konten yang berkualitas,tetapi ada saja yang mengambil alih menggunakan cara yang curang yakni memakai teknik kopi paste artikel orang lain,cara ini sering dilakukan oleh seorang blogger yang masih pemula dan minim dengan pengetahuan yang ia dapatkan.Padahal dengan meniru cara ini tidak boleh diterapkan sebab pihak google sudah melarang mengambil hak milik orang lain.

Artikel Terkait : Cara Cepat mengetahui Orang yang Copas Artikel.

Dengan teknik kopi paste sangat dibenci google,apabila mereka menemukan seseorang melakukan cara ini pastinya google akan memberikan kepada blog anda yakni artikel akan menghilang dari mesin pencari.Namun yang lebih parahnya lagi blog anda bisa saja akan di banned selamanya.

Jadi saran saya usahakan hilangkan kebiasaan kopi paste artikel sebelum berdampak buruk pada artikel dan blog anda.Sekarang cobalah melatih diri menulis artikel yang orisinal.

6. Kalah Bersaing dengan Artikel blog lainnya
Pada tahun ini dunia blogger sangat banyak penggunanya,makanya dari itu mereka berlomba-lomba untuk menulis artikelnya dan secara langsung disajikan kepada pengunjung,tetapi artikel yang sudah di publikasikan ada sisi negatifnya juga yang perlu anda ketahui yakni artikel dapat menghilang,sebab banyaknya saingan yang harus dilalui,seperti kalahnya bersaing antara artikel anda dengan artikel-artikel lainnya.

Jika disimpulkan artikel yang kalah bersaing bisa disebabkan oleh lemahnya Optimasi SEO yaitu seperti yang kita jalani sekarang ini Onpage,apabila anda tidak mau melakukan optimasi maka jangan heran,artikel anda yang mula-mulanya menduduki posisi terbaik lalu bisa saja menduduki posisi terbawah,bahkan yang lebih terpuruknya lagi artikel akan menghilang.Jadi pelajarilah cara optimasi seo yang benar yang disukai mesin pencari.


Penutup

Demikian hanya itu saja artikel yang dapat saya jelaskan,padahal masih banyak lagi penyebab dari artikel blog menghilang di mesin pencari,tetapi penyebab diatas yang sering dialami oleh para blogger.Akhir kata semoga bermanfaat.

9 Responses to "Penyebab Artikel Blog Menghilang dari "SERP""

  1. thanks info ny. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. thanks gan. info yang bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Ok. today I learned. thanks for sharing

    ReplyDelete
  4. masih kalah saing sama blog lain, tetap semangat

    ReplyDelete
  5. yap, munculnya artikel yg lebih berkualitas akan menyebabkan artikel kita menurun di serp bahkan hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul sekali,tapi itu tidak semuanya dialami blogger

      Delete
  6. ane pernah beberapa kali ngalamin gitu

    ReplyDelete