-->

Peluang Usaha Bisnis Bengkel Motor Dan Sparepart Yang Menjanjikan Serta Modal Awal Usahanya

Usaha bengkel motor dan sparepart - pada jaman sekarang ini motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak di minati oleh masyarakat terutama di indonesia, apabila anda membuka peluang usaha bengkel motor dan sparepart tentunya ada banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan, memang pada dasarnya motor tidak selalu dalam keadaan baik, dan pastinya perlu service, jadi usaha bengkel motor dan sparepart menjadi pilihan utama bagi anda yang ingin menghasilkan uang sebagai kerja sambilan atau dijadikan bisnis usaha bengkel motor utama.
Peluang Usaha Bisnis Bengkel Motor Dan Sparepart Yang Menjanjikan Serta Modal Awal Usahanya
Tahukah anda bahwa tidak ada banyak orang yang bisa memperbaiki motor mereka jika mengalami kerusakan, pastinya banyak orang yang menggunakan transportasi roda dua akan membutuhkan juga yang namanya bengkel motor dan sparepart sebagai service kendaraan yang sebelumnya mengalami kerusakan. Pastinya anda harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik salah satunya adalah dengan membuka usaha bengkel motor yang menjanjikan dengan paket kecil murah agar pengeluaran modal yang diperlukan tidak begitu besar, dalam tips ini anda harus lebih jeli lagi untuk menentukan lokasi usaha, agar nantunya usaha bengkel motor yang anda miliki bisa mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak.

Bengkel Bisnis Sparepart Motor Modal Kecil


Sebelum anda mengetahui apa saja modal awal yang harus dipersiapkan, maka alangkah baiknya anda harus tahu terlebih dahulu mengenai tips bisnis membuka bengkel motor agar nantinya usaha anda tersebut dapat berkembang hingga berhasil, silakan simak dibawah ini mengenai tips untuk menjalankannya.

1. Lokasi yang strategis


Sebelum anda membuka usaha bengkel motor pastinya tentukanlah terlebih dahulu lokasi yang sangat cocok untuk usaha anda, perlu diketahui juga bahwa pemilihan lokasi yang tepat dapat membuat usaha anda laris atau tidaknya, jadi hal ini harus lebih jeli lagi agar tidak gagal saat melangkah.

Baca juga Peluang Usaha Bengkel Las Yang Memiliki Keuntungan Luar Biasa

Ada beberapa tips untuk menentukan lokasi sebagai cara berjualan sparepart motor atau bisa dikatakan bengkel, yakni dengan melihat kepadatan penduduk di lokasi anda, tidak hanya dipinggir jalan raya saja yang menjadi patokan terbaik, akan tetapi masih ada banyak lagi yang menjadi pilihan tepat bagi anda, salah satunya adalah di sebelah hotel, dekat kampus dan di sebelah masjid, hal ini dikarenakan dapat membuat orang lain tahu bahwa disitu tempat usaha bengkel motor anda, atau jika lokasi tempat tinggal banyak berkumpul komunitas motor, tentunya hal ini adalah peluang yang sangat bagus untuk menciptakan usaha anda.

Perlu diperhatikan juga apakah di lingkungan pemilihan lokasi usaha memiliki banyak kompetitor pesaing bisnis bengkel motor, jika jawabannya banyak maka akan lebih baik lagi anda perlu mencari lokasi lain yang lebih cocok dengan adanya sedikit pesaing, sebab apabila mempunyai sedikit persaingan pastinya bengkel tersebut akan terus di kunjungi konsumen.

Lokasi yang strategis adalah pilihan utama bagi pebisnis yang ingin mengawali usahanya dari nol, jika anda sudab menemukan tempat yang cocok pastinya perlu mengeluarkan modal yang banyak salah satunya seperti menyewa tempat dan yang lainnya, namun jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya utama akan lebih baik lagi anda bida membuka usaha tersebut di depan rumah dengan membeli melalui distributor sparepart sepeda motor ke bengkel kecil, tentunya akan lebih menghemat biaya pengeluran.

Untuk menambah modal yang diperlukan anda juga bisa melalukan pijaman modal usaha  melalui kredit penambahan bagi anda yang ingin memulai bisnis UMKM, tentunya jaminan yang di berikan adalah BPKB motor anda sendiri, apabila di tangan anda sudah ada modal, alangkah baiknya harus membeli beberapa peralatan agen sparepart motor murah yang ada di dekat lokasi tersebut. Jadi dalam program sepert ini anda dapat melakukan pinjaman modal usaha mulai dari 5 juta hingga ke 40 juta.

2. Mencari montir yang bagus


Langkah kedua yang perlu diperhatikan adalah memilih montir yang dapat diandalkan pada usaha bengkel motor dan sparepart anda, hal terkecuali jika skill yang anda miliki tidak cukup memdai, perlu diketahui juga bahwa memulai bisnis bengkel motor harus mempunyai skill yang mumpuni sebab keluhan pada pelanggan dapat di atasi dengan baik dan cepat sehingga loyalitas anda di depann mata konsumen akan semakin baik pula, namun bila keahlian belum memadai, maka carilah montir yang dapat di andalkan, hal ini bergantung pada modal yang ingin dikeluarkan untuk membayar montir tersebut sebagai sumber daya manusia.

Jika usaha bengkel yang anda miliki saat ini tidak tergolong cukup besar atau omset yang didapatkan kurang maksimal, pastinya anda bisa merekrut montir yang termasuk golongan junior namun sudah cukup ahli di bidang tersebut, seiring bisnis oli motor atau usaha tersebut berkembang dengan pesat maka dengan sendirinya montir tersebut akan lebih professional dalam menangani berbagai macam keluhan pelanggan. Selain itu anda juga dapat melihat langsung atau mempelajari bagiamana cara memperbaiki dan mengoperasi motor tersebut akan lebih baik, hal ini akan membantu kru lainnya jika sedang tidak bekerja pada usaha yang anda miliki, keteranpilan anda juga sangat dibutuhkan bagi montir lainnya jika memang sudah benar-benar ahli.

3. Menyediakan Sparepart


Tahukah anda bahwa usaha bengkel motor yang anda miliki sekarang ini tidak dapat dipisah dengan sparepart, hal ini dikarenakan sparepart adalah kebutuhan pokok dalam bisnis tersebut, jadi jika ingin memulainya pastinya hal utama yang menjadi kebutuhan pokok adalah alat operasional servis, anda dapat membelinya melalui agen sparepart motor murah yang sekarang ini banyak tersedia di pasar ataupun lokasi tertentu. Dengan adanya alat ini akan membantu usaha anda semakin berkembang sehingga profit yang didapatkan akan semakin besar.

Baca juga 100 Peluang Usaha Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan Terbaru

Dalam membeli alat servis bengel motor alangkah baiknya beli saja melalui supplier tangan pertama, jangan lewat reseller sebab harga jual yang ditawarkan akan lebih mahal dibandingkan supllier yang menjualnya, untuk salah satu alat servis murah adalah distributor sparepart motor dijakarta yang saat ini banyak sekali menyajikan alat dan bahan bagi yang ingin merintis usaha bengkel motor dan sparepart di lokasi mereka masing-masing. Setelah beberapa alat suku cadang sudah dibelanjakan dengan lengkap melalui pemilihan paket usaha bengkel motor murah lewat supplier tangan pertama, maka selanjutnya adalah memajang jenis sparepart yang ingin dipilih nantinya sebagai perbaikan motor, berikan juga nama dan label pada alat servis tersebut, hal ini juga dapat berdampak baik bagi usaha bengkel motor dan sparepart anda nantinya, karena akan mengurangi dampak kerugian yang terjadi seperti barang hilang ataupun rusak lainnya.

4. Pengelolaan dan Layanan


Tidak hanya memperhatikan persediaan saja pada usaha bengkel motor tersebut, akan tetapi ada beberapa hal yang harus ikut diperhatikan, salah satunya adalah membuat daftar pengelolaan bengkel seperti penataan, penggajian karyawan, aset yang dikeluarkan, modal yang dibutuhkan, rugi yang didapatkan, dan yang terakhir adalah laba keuntungan usaha bengkel. Tidak hanya itu saja, pelayanan juga perlu anda perhatikan, jangan biarkan ini terjadi pada pelayanan yang buruk pada usaha anda, alangkah baiknya berikanlah sapa senyum yang ramah kepada konsumen sehingga akan membuat loyalitas usaha semakin baik juga dimata pelanggan, nah untuk tipa yang baik adalah menyediakan beberapa fasilitas yang sederhana seperti tempat duduk, majalah, televisi, wifi, dan hal yang lainnya.

5. Lakukan Promosi


Dalam mendatangkan pelanggan dalam jumlah yang banyak yaitu perlu anda lakukan juga online marketing atau pemasaran usaha anda ke banyak orang, dalam cara yang sangat praktis yaitu bisa anda memanfaatkan media sosial sebagai sarana mempromosikan business usaha anda ke semua orang, tentunya mereka akan mengenali kredibilitas usaha yang anda miliki sekarang ini, untuk contoh media sosial yang baik adalah facebook.

Kerja Online Dibayar Langsung Harian Berupa Rupiah

Tidak hanya itu saja, promosi offline marketing juga bisa anda lakukan denga baik untuk mendatangkan banyak konsumen, untuk contoh sederhananya adalah membuat spanduk kecil berdekatan dengan lokasi usaha tersebut, berikan juga diskon promo termuruah pada perbaikan tertentu, dan hal ini juga berlaku pada cara berjualan sparepart motor untuk membuat pembeli berdatangan.

Modal Awal Usaha Sparepart Motor Bengkel


Apabila anda memang sudah benar-benar atau bersungguh-sungguh untuk membuka usaha bengkel motor, pastinya ada beberapa modal yang harus dikeluakan, nah dalam tahap pengeluaran modal yang harus dimiliki adalah sekitar kisaran Rp. 25.000.000 - Rp. 50.000.000, modal usaha tersebut sudah termasuk dalam beberapa gabungan sparepart, jadi bila ansa ingin mengawali usaha UMKM maka itulah modalnya. Harga kisaran tersebut adalah modal yang harus dikeluarkan untuk anda, dan juga sudah termasuk dalam sewa tempat ataupun peralatan sparepart, alangkah baiknya beli saja pada agen supplier yang terpercaya, jangan beli melalui reseller sebab harga berbanding jauh dengan yang aslinya.

Penutup


Demikianlah pembahasan artikel mengenai usaha bengkel motor dan sparepart, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia bisnis, jika ada yang masih bingung silakan saja anda bertanya pada kolom komentar bawah ini. Terima kasih

0 Response to "Peluang Usaha Bisnis Bengkel Motor Dan Sparepart Yang Menjanjikan Serta Modal Awal Usahanya"

Post a Comment