Internet Marketing Dan Bisnis

6 Cara Efektif Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

6 Cara Efektif Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi
Teknologi smartphone android semakin berkembang pesat saja.

Sudah kita lihat banyak sekali yang menggunakan ponsel pintar ini.

Tetapi kebanyakan dari hadirnya fitur smartphone pasti sangat di butuhkan yang namanya Charger..

Betul kan.

Jika tidak di chager bagaimana smartphone kita bisa nyala.

Nah,dari charger tersebut smartphone dapat mengisi dayanya hingga batas 100%

Namun kebanyakan pengguna smartphone android sering mengalami daya baterai yang cepat habis.

Padahal yang awalnya daya smartphone anda 95%,bisa saja terhisap hingga menjadi 25% atau bisa dibilang mencapai batas Lowbat.

Hal seperti ini bisa disebabkan smartphone memiliki aplikasi yang terlalu banyak bekerja..

Sehingga daya baterainya sangat cepat terkuras habis

Tentunya masalah ini akan sulit diatasi bagi anda yang tidak tahu solusinya..

Kalau daya baterai smartphone cepat habis berarti bukan namanya android lagi dong..

Jika anda ingin tahu cara efektif menghemat baterai tanpa aplikasi.Silahkan lanjutkan membacanya sampai selesai.


#Cara efektif menghemat baterai android tanpa aplikasi
Cara efektif hemat baterai android tanpa aplikasi..

Mungkin dari membaca judul ini saja mustahil bagi anda.

Tetapi bagi saya ini sangat benar,dan sangat terbukti dapat menghemat baterai android tanpa aplikasi

Lho,kok bisa begitu..

Ya iyalah,coba saja anda memakai aplikasi penghemat baterai android.

Terasa hemat atau tidak.

Tentunya tidak kan,aplikasi seperti itu hanya bisa mengoptimalkan RAM anda saja.

Alasannya...

Apabila di smartphone anda banyak sekali aplikasi yang bekerja,terutama penghemat baterai

Pastinya baterai akan cepat terkuras habis..

Betul kan.

Nah,sekarang anda bisa menhemat baterai anda tanpa aplikasi dengan mencoba cara-cara efektif seperti dibawah ini.

1. Atur kecerahan layar
6 Cara Efektif Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi
Terkadang tingkat kecerahan layar pada smartphone tidak di pedulikan bagi pengguna android

Mereka cenderung memilih kecerahan yang maksimal.

Sehingga tampilan smartphonenya terlihat sangat terang.

Padahal hal seperti itu hanya bisa membuat daya baterai anda cepat terkuras habis.

Alasannya ...

Karena smartphone yang memiliki tingkat kecerahan yang tinggi,sangat dibutuhkan sekali daya baterai yang cukup maksimal.

Begitu juga sebaliknya..

Apabila daya baterai anda sudah mulai lemah

pastinya smartphone akan menampilkan layar yang redup.

Nah,sekarang anda bisa mengatur tampilan smartphone anda menjadi redup

Caranya masuk ke Pengaturan>>tampilan>>lalu pilih saja kecerahan layar yang anda butuhkan.

Tapi memilih tampilan yang redup akan tetap bisa terlihat saja oleh mata anda.

Ya,Dengan meniru cara seperti ini bisa menggemat daya baterai smartphone hingga 45%.

2. Matikan Bluetooth,Data seluler,WI-FI,dan Hotspot seluler
Smartphone android memang tidak lepas yang namanya Bluetooth,Data seluler,WI-FI,dan hotspot seluler.

kita bisa bebas berinternetan tanpa batas kuota di smartphone.

Anda juga bisa mengirim file hanya melalui dua smartphone atau bisa disebut bluetooth.

Tetapi apakah anda tahu,fitur-fitur tersebut hanya bisa menguras daya baterai anda.

Lho,kok bisa begitu...

Coba saja anda perhatikan bila terlalu sering menyalakan fitur seperti data seluler akan bisa menguras daya baterai smartphone anda.

Alasannya..

Apabila data seluler selalu diaktifkan,fitur tersebut akan selalu mencari dan mendeteksi jaringan di lokasi anda

Begitu juga dengan fitur-fitur lainnya.

Hal ini bisa mengakibatkan daya baterai akan cepat terkuras 

Untuk solusinya pun cukup mudah.Anda hanya perlu mematikan fitur Data seluler,bluetooth,WI-FI,dan hotspot seluler jika tidak terpakai.

Atau bila anda ingin menyimpan smartphone anda di suatu tempat,cobalah untuk mengaktifkan fitur mode terbang.

Supaya dapat menghemat daya baterai android hingga berjam-jam.


3. Berhentikan aplikasi yang tidak terpakai
6 Cara Efektif Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi
Sebenarnya cara yang ketiga ini hampir sama dengan cara yang kedua.

Tetapi cara yang ketiga ini tergolong dalam aplikasi saja.

Jika aplikasi terus-menerus berjalan di smartphone anda,maka baterai akan banyak terkuras juga.

Intinya begini...

Misalnya anda menjalankan Google play musik,seperti gambar diatas.

Setelah itu google play musik tersebut anda matikan.Namun walaupun anda matikan aplikasi tersebut terus berjalan di smartphone anda.

Sehingga aplikasi google play musik selalu terobsesi pada baterai anda.

Hal ini bisa menyebabkan daya baterai cepat terkuras habis.

Untuk bisa menghemat nya,anda bisa berhentikan aplikasi yang tidak digunakan secara paksa.

dengan cara buka pengaturan>>pilih baterai>>lalu pilih saja aplikasi yang anda berhentikan.

cara seperti ini dapat membantu menghemat baterai anda hingga 2% tiap jamnya.

4. Kurangi Widget-widget
Widget pada smartphone android merupakan penyebab utama yang dapat menyebabkan baterai terkuras habis.

Widget-widget di smartphone saya lihat cukup canggih-canggih dan keren-keren.

seperti yang kita ketahui memiliki tampilan cuaca,tema keren,Keyboard cantik,dan lain-lain.

Padahal widget seperti itu hanya bisa menyebabkan daya baterai tidak bisa hemat.

Alasannya begini...

Apabila widget tersebut anda gunakan secara terus-menerus maka daya baterai juga sangat di butuhkan secara maksimal.

Inilah yang dapat mengakibatkan daya baterai smartphone anda cepat terkuras habis.

Tetapi alangkah baiknya gunkanlah widget yang original atau bawaan dari smartphone tersebut.

Karena dengan menggunakan yang original dapat membantu menghemat baterai smartphone android anda,dan dapat mengurangi borosnya daya baterai.


5. Aktifkan Waktu tampilan layar
6 Cara Efektif Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Tampilan layar memang jadi penentu hemat atau tidaknya daya baterai smartphone android anda.

maksud saya pengertian dari aktifkan waktu tampilan layar merupakan waktu dimana smartphone tersebut tidur sesuai waktu yang ditentukan.

misalnya anda mengatur waktu tunggu tampilan layar anda menjadi 15 detiik,maka sesuai waktu yang ditentukan smartphone anda akan tidur setelah hitungan 15 detik.

Cara ini sangat ampuh untuk bisa menghemat daya baterai android anda.

Alasannya...

Jika smartphone android anda tidur setelah hitungan 15 detik,maka tampilan layar smartphone anda juga tidak akan selalu menyala

Karena smartphone yang tampilannya selalu menyala bisa mengakibatkan daya baterai cepat boros

Nah,sekarang anda bisa mengaturnya di smartphone anda.

Caranya buka Pengaturan>>tampilan>>waktu tunggu tampilan layar>>Setelah itu pilih saja 15 detik atau sesuai yang anda inginkan.

6. Matikan fitur umpan balik
Fitur umpan balik atau feed back berguna untuk memberitahukan kita pesan atau pemberitahuan tanpa membuka aplikasi tersebut.

Fitur seperti ini sering di aktifkan pengguna android,tanpa susah-susah membuka aplikasi seperti facebook,pesan,BBM,dan lain-lain

Terkadang juga bergetar dan berdering saat ada pemberitahuan.

Padahal fitur ini hanya bisa menyebabkan daya baterai android cepat terkuras.

Lho,kok bisa begitu...

Ya,apabila smartphone anda bergetar dan terus berdering setiap ada umpan balik,maka daya baterai akan sangat di butuhkan agar pemberitahuan tersebut selalu muncul di layar atas smartphone anda.

Untuk solusinya pun cukup mudah.

anda bisa mematikan fitur tersebut secara manual melalui aplikasi yang memiliki umpan balik

Karena dengan cara yang manual ini akan dirasa lebih baik untuk menghilangkan notifikasi di atas layar smartphone anda.


Penutup

Demikianlah artikel yang saya bahas di atas tentang "6 cara efektif menghemat baterai android tanpa aplikasi".Cukup itu saja yang saya jelaskan,semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda untuk bisa menghemat baterai android.

Related : 6 Cara Efektif Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

22 Komentar untuk "6 Cara Efektif Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi"

Tingkat kecerahan emang paling kerasa kalau masalah ngabisin baterai.

Wah.. Ini langkah pencegahan yang cukup efektif. Makasih mas...

boleh dicoba nih, thanks udah share info gan

ijin coba tipsnya

iya gan..Sama-sama..cara ini memang sangat efektif

betull..sebaiknya dikurangin aja tingkat kecerahan layarnya :D

perlu juga dicoba ini tipsnya

Saya selalu pakai cara ini jika sedang bepergian. Dan hasilnya, hape saya awet batrenya dan 'sepi'. :D

Tutorialnya cocok untuk hp samsung yg boros daya

jadi gtu toh caranya, thanks gan

Mau nanya nih sob, apa benar aplikasi aplikasi battery saver itu, bener bener bisa menghemat daya?

pantesan batre boros kencerahan HP ane full, ane kira ga ada efek nya -_-

Ini Artikel yang saya cari cari, Saya cukup resah ketika Smartphone saya cepat habis baterai. Thanks info gan

..kalau menurut tim kami aplikasi-aplikasi tidak dapat menghemat baterai android..malah bisa menyebabkan baterai cepat terkuras..

Aplikasi seperti itu kan hanya dapat membutuhkan RAM android saja..Jadi semakin banyak aplikasi yang bekerja di android sobat,maka daya baterai pun harus dibutuhkan secada maksimal.. :D

wah makasih infonya mas :) ijin nyoba

thanks banget infonya sangat membantu gan