7 Tips Jitu Pemasaran Online Yang Paling Efisien dan Efektif
Monday, 7 May 2018
Add Comment
Online business - Didalam sebuah dunia marketing atau pemasaran online, yang saya tau bahwa ada dua hal penting yang harus anda kuasai, yaitu tentang atau cara memasarkan produk secara efektif dan efisien.
Ada sebagian besar dari Anda yang ingin bertanya, bagaimana sih caranya pemasaran yang efektif dan efisien? Baik akan saya jelaska terlebih dahulu kedua istilah yang sangat erat kaitannya dengan usaha marketing tersebut.
Versi Saya:
Efektif adalah ampuh (manjur)
Efisien adalah tidak terlalu betlebihan atau hemat
Versi KBBI
Efektif adalah yang dapat membawakan hasil Efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan sesuatu dengan menyia - nyiakan waktu, biaya dan tenaga
Mudahkan efektif adalah segala sesuatau dengan bekerjanya atau tidaknya strategi tersebut, sementara itu efisien berhubungan dengan biaya dan tenaga.
Jadi bisa anda simpulkan, seorang Marketers, Internet sudah layak menguasai strategi atau pemasaran secara online yang efektif dan tentunya efisien,tujuannya guna memdapatkan target yang tepat serta untuk memangkas biaya dan waktu promosi
Didalam dunia marketing, efektif dan efisien diaryikan sebagai berikut:
Efektif : Tepat sasaran
Efisien : hemat biaya promosi
Namun, yang jadi masalah sekarang adalah, tidak banyak dari kita yang mengetahui seperti pemasaran online yang efektif dan efisien itu. Nah? Untuk itu saya akan menjelaskan 7 strategis pemasaran Online yang mungkin akan membantu Anda untuk memasarkan produk anda secara efektif dan efisien.
1. Bijaklah Dalam Mengambil Solousi
Jika anda saat ingin melakukan pemasaran produk anda yang mengalami masalah pada calon yang ingin membeli yang mempersalahkan mengenai mahalnya barang atau produk yang anda jual, jangan sampai anda terburu -buru untuk menurutkan harga kepada pembeli.
Baca juga: 100 Peluang Usaha Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan Bagi Pemula Terbaru Saat Ini
Pertama - tama yang anda lakukan adalah memberikan solusi kepada calon pelanggan anda tersebut, sebagai contoh Anda bisa menggunakan kata - kata dibawah ini:
Bapak / Ibu harga yang mahal merupakan harga yang relatif, karena jika Bapak / Ibu membeli barang atau produk yang murah maka akan memengaruhi kualitasnya yang dapat cepat rusak berbanding lurus dengan harga alias cepat robek. Maka dihitung - hitung pengeluaran yang akan dikeluarkan oleh Bapak / Ibu semakin bertambah.
Nah, intinya adalah menggunakan kata yang baik atau bagus, jangan sampai anda terkesan menipu calon pelanggan tersebut. Jika harga yang anda patok terlalu mahal dari harga pasaran, maka anda harus menjelaskan kepada pembeli mengapa harganya lebih tinggu, dan dengan begitu calon pembeli akan percaya dan mengerti dan memutuskan untuk membeli barang anda.
2. Lakukan Promosi Ulang
Yang saya maksudkan promosi silang adalah menawarkan produk lain yang masih berkaitan dengan produk pertama yang anda jual. Minsalnya pada saat membeli atau memutuskan untuk membeli sebuah Motor maka jangan hanya menawarkan Motor saja cobalah menawarkan barang atau produk lain seperti Mobil dan lainnya
Yang dapat anda jual.
Baca juga: 26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan 2018
Namun pastikan dulu barang yang anda tawarkan saling berkaitan dan jangan tapi anda tawarkan adalah sebuah makanan atau minuman,itu tidak akan maksimal untuk produk yang anda tawarkan.
3. Berikan Layanan After Sales
Seorang Internet Merkekerers atau pasaran secara online, wajib untuk menguasai yang namanya layanan After Sales, karena tidaklah sedikit yang menganggap tugas yang mereka jalankan sudah selesai ketika berhasil menjual suatu barang, padahal jika kita mau memberikan pelayanan ekstra maka, bukan tidak mungki. Pelanggan anda untuk kembali membeli barang atau produk anda, dan bahkan jika pembeli itu merasa nyaman dengan produk anda menjadi pelanggan tetap anda.
Dari ketujuh Strategi diatas atau cara pemasaran Online yang saya sampaikan diatas hanyalah sedikit marketing yang ada di Internet, karena memang pada dasarnya ilmu pemasaran online itu sangat banyak sekali, karena saya yakin, jika anda menerapkannya dan melakukanya dengan baik dan benar, penjualan online anda akan meningkat
Baca juga: Contoh Model Gerobak Angkringan Unik Modern Untuk Usaha Jualan
Sebenarnya ada masih banyak cara lagi yang cukup baik untuk meningkatkan ke efektifan pemasaran online anda yaitu bisa memasarkan produk melalui Toko Online, karena dengan adanya toko online anda.
Bisa memasarkan produk anda dan membuktikan bahwa anda serius menjual sebuah produk, jadi tidak hanya melui ruko atau Sosial media saja. Untuk anda yang tertarik dan ingin membuat toko online. Silahkan baca panduan lengkap tata cara membuat toko Online secara gratis.
Baik? Sementara itu,ini dulu saya sampaikan, maaf jika ini tidak terlalu membantu, karena ilmu yang baik adalah ilmu yang kita pelajari sendiri
4. Gunakan Email Untuk Promosi
Jika anda sering berkunjung di wabsite atau blog orang asing yang membahas atau tutorial, maka hampir semuanya memberi kontak bertuliskan Follow by Email. Normalnya jika Anda memasukan alamat Email anda dan memutuskan untuk menjadi subcriber, maka email yang dikirim ke anda adalah sesuatu pemberitahuan mengenai update terbaru dari situs tersebut.
Sebagai contoh, jika anda berlangganan email dari situs atau wabsite berguru di SEO, maka setiap kali blog ini update maka email yang dikirimkan ke anda adalah sebuah pesan yang isinya update terbaru tentang blog ini yang didalamnya berbrentukan artikel mentahan.
Baca juga: 8+ Kesalahan Masalah Dalam Promosi Produk Online, Jangan Biarkan Kendala Hambatan Promosi ini Terjadi Lagi
Dan jika anda jeli sebenarnya Anda bisa memanipulasi hal tersebut, dengan menjadikan pesan tersebut dari email anda yang seharusnya berisi pemberitahuan update manjadi pemberitahuan update menjadi email yang berisi promosi atau pemasaran online barang atau produk dagangan Anda, tenti ini akan lebih efektif.
Caranya? Ilmu ini saya dapat dari ebook gratis yang dibagi oleh Mas Syamsul Alam diman beliau menjelaskan bahwa kita bisa memanipulasi feed pada sebuah kontak email di suatu blog dengan feed dari blog orang lain yang khusus promosi.
Sebagai contoh anda harus mempunyai 2 blog
- Blog utama
- Blog promosi
Jika anda saat masuk ada pengunjung yang memasuki emailnya dengan blog tujuan untuk berlangganan news feed dari blog utama maka anda bisa menipulasinya dengan mengubah umtuk berlangganan di blog promosi jadi pengunjung yang awalnya akan menyangka mendapatkan newsfeed dari blog utama, tidak tahu bahwa sebenarnya dirinya telah berlangganan dengan newsfeed dari blog promosi
Selanjutnya silahkan Anda buat artikel atau postingan diblog promosi yang berisi banyak promo atau pemasaran secara online, maka akan secara otomatis, para subcribers akan mendapatkan email promosi di kontak atau akunmasuk masuk mereka, ini adalah sebuah cara memasarkan online yang sangat efektif dan efisien.
5. Riset Barang dan Pasar
Langkah pertama yang harus anda lakukan pemasatan online menentukan barang dan meriset paksa pasar terlebih dahulu, melihat persaingan yang ada dan mulai memikirkan apakah anda masih bisa menyediakan barang atau jasa yang lebih baik dari yang sudah ada.
Misalkan anda ingin membuka usaha kuliner riset pasar yang harus anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak penjual usaha kuliner tersebut, yang ada di lingkungan anda, jika persaingan tidak terlalu banyak atau ketat, maka riset kedua yang harus anda lakukan adalah menanyakan kepada diri anda sendiri apakah bisa menyediakan usaha kuliner yang enak (lebih murah, lebih sehat) dari pesaingan anda tersebut.
Jika anda merasa tidak sanggup atau menyerah, maka mundurlah, dan lakukan riset barang yang lainya, jika anda terlalu memaksa untuk tetap berbisnis kuliner, namum pasaing yang lebih baik dari yang anda tawarkan, maka bukan untuk yang anda dapat melainkan rugi yang anda dapat.
6. Gali Kebutuhan Konsumen
Didalam melakukan riset, tugas Anda tidak hanya mencari yang harga atau memiliku keuntungan sangat besar saja, melainkan anda harus melakukan riset dan mencari tahu yang dibutuhkan konsumen, sebagai contoh dari pada anda menjual ikan Nila sangat besar.
Karena keuntungannya yang didapat sangat besar minsalkan Nono adalah memelihara ayam maka sekeras apapun anda mencoba menjual ikan mahal tersebut yang tidak dibeli, karena konsumen anda tidak membutuhkan ikan tersebut, dan tentunya akan berbeda cerita jika anda menanyakan langsung kepada konsumen, mengenai ikan apa yang ia butuhkan, minsalkan teman anda tersebut menjawab ikan hias.
Maka dari itu berusahalah untuk memasarkan ikan hias, ini akan lebih efektif atau tepat sasaran, karena konsumen anda jelas membutuhkan ikan hias untuk jadikan paliharaannya dan sia - sia saja jika anda memaksa untuk menjual ikan Nila. Jadi disinilah akan pentingnya untuk mencari tahu yang dibutuhkan oleh konsumen sebelum memasarakan produk anda.
7. Pilih Kalimat Closing Yang Tepat dan Benar
Seperti yang anda ketahui Closing adalah bagian terpenting dalam dunia marketing, karena usaha anda akan di tentukan pada bagian ini, apakah promosi anda berhasil atau sebaliknya tidak karena anda salah sedikit saja itu akan memengaruhi dalam memilih kalimat Closing yang benar - benar berdampak pada potensi calon pembeli maka jangan anda menyesal jika calon pembeli anda tersebut kabur
Ada beberapa contoh kata yang salah saat closing:
Jadi beli atau tidak ?
Mau, beli sekarang atau besok ?
Usahakan untuk menghindari atau menggunakan kata - kata dan cobalah untuk menggantinya dengan kata - kata berikut ini :
Jadi, mau ambil produk ini atau yang itu, pak ?
Tidak ada jaminan produk masih tersisa sampai besok pak
Yang harus diperhatikan adalah pada teknik closing adalah keyakinan pelanggan untuk melakunan pemesanan cepat atau secepatnya, karena jika di ulur - ulur itu akan berpotensi pada pelanggan menjadi berubah pikiran.
Seperti yang anda ketahui Closing adalah bagian terpenting dalam dunia marketing, karena usaha anda akan di tentukan pada bagian ini, apakah promosi anda berhasil atau sebaliknya tidak karena anda salah sedikit saja itu akan memengaruhi dalam memilih kalimat Closing yang benar - benar berdampak pada potensi calon pembeli maka jangan anda menyesal jika calon pembeli anda tersebut kabur
Ada beberapa contoh kata yang salah saat closing:
Jadi beli atau tidak ?
Mau, beli sekarang atau besok ?
Usahakan untuk menghindari atau menggunakan kata - kata dan cobalah untuk menggantinya dengan kata - kata berikut ini :
Jadi, mau ambil produk ini atau yang itu, pak ?
Tidak ada jaminan produk masih tersisa sampai besok pak
Yang harus diperhatikan adalah pada teknik closing adalah keyakinan pelanggan untuk melakunan pemesanan cepat atau secepatnya, karena jika di ulur - ulur itu akan berpotensi pada pelanggan menjadi berubah pikiran.
Penutup
Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda terhadap suatu online business dan juga internet marketing, Good luck.
Ada sebagian besar dari Anda yang ingin bertanya, bagaimana sih caranya pemasaran yang efektif dan efisien? Baik akan saya jelaska terlebih dahulu kedua istilah yang sangat erat kaitannya dengan usaha marketing tersebut.
Versi Saya:
Efektif adalah ampuh (manjur)
Efisien adalah tidak terlalu betlebihan atau hemat
Versi KBBI
Efektif adalah yang dapat membawakan hasil Efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan sesuatu dengan menyia - nyiakan waktu, biaya dan tenaga
Mudahkan efektif adalah segala sesuatau dengan bekerjanya atau tidaknya strategi tersebut, sementara itu efisien berhubungan dengan biaya dan tenaga.
Jadi bisa anda simpulkan, seorang Marketers, Internet sudah layak menguasai strategi atau pemasaran secara online yang efektif dan tentunya efisien,tujuannya guna memdapatkan target yang tepat serta untuk memangkas biaya dan waktu promosi
Didalam dunia marketing, efektif dan efisien diaryikan sebagai berikut:
Efektif : Tepat sasaran
Efisien : hemat biaya promosi
Namun, yang jadi masalah sekarang adalah, tidak banyak dari kita yang mengetahui seperti pemasaran online yang efektif dan efisien itu. Nah? Untuk itu saya akan menjelaskan 7 strategis pemasaran Online yang mungkin akan membantu Anda untuk memasarkan produk anda secara efektif dan efisien.
1. Bijaklah Dalam Mengambil Solousi
Jika anda saat ingin melakukan pemasaran produk anda yang mengalami masalah pada calon yang ingin membeli yang mempersalahkan mengenai mahalnya barang atau produk yang anda jual, jangan sampai anda terburu -buru untuk menurutkan harga kepada pembeli.
Baca juga: 100 Peluang Usaha Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan Bagi Pemula Terbaru Saat Ini
Pertama - tama yang anda lakukan adalah memberikan solusi kepada calon pelanggan anda tersebut, sebagai contoh Anda bisa menggunakan kata - kata dibawah ini:
Bapak / Ibu harga yang mahal merupakan harga yang relatif, karena jika Bapak / Ibu membeli barang atau produk yang murah maka akan memengaruhi kualitasnya yang dapat cepat rusak berbanding lurus dengan harga alias cepat robek. Maka dihitung - hitung pengeluaran yang akan dikeluarkan oleh Bapak / Ibu semakin bertambah.
Nah, intinya adalah menggunakan kata yang baik atau bagus, jangan sampai anda terkesan menipu calon pelanggan tersebut. Jika harga yang anda patok terlalu mahal dari harga pasaran, maka anda harus menjelaskan kepada pembeli mengapa harganya lebih tinggu, dan dengan begitu calon pembeli akan percaya dan mengerti dan memutuskan untuk membeli barang anda.
2. Lakukan Promosi Ulang
Yang saya maksudkan promosi silang adalah menawarkan produk lain yang masih berkaitan dengan produk pertama yang anda jual. Minsalnya pada saat membeli atau memutuskan untuk membeli sebuah Motor maka jangan hanya menawarkan Motor saja cobalah menawarkan barang atau produk lain seperti Mobil dan lainnya
Yang dapat anda jual.
Baca juga: 26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan 2018
Namun pastikan dulu barang yang anda tawarkan saling berkaitan dan jangan tapi anda tawarkan adalah sebuah makanan atau minuman,itu tidak akan maksimal untuk produk yang anda tawarkan.
3. Berikan Layanan After Sales
Seorang Internet Merkekerers atau pasaran secara online, wajib untuk menguasai yang namanya layanan After Sales, karena tidaklah sedikit yang menganggap tugas yang mereka jalankan sudah selesai ketika berhasil menjual suatu barang, padahal jika kita mau memberikan pelayanan ekstra maka, bukan tidak mungki. Pelanggan anda untuk kembali membeli barang atau produk anda, dan bahkan jika pembeli itu merasa nyaman dengan produk anda menjadi pelanggan tetap anda.
Dari ketujuh Strategi diatas atau cara pemasaran Online yang saya sampaikan diatas hanyalah sedikit marketing yang ada di Internet, karena memang pada dasarnya ilmu pemasaran online itu sangat banyak sekali, karena saya yakin, jika anda menerapkannya dan melakukanya dengan baik dan benar, penjualan online anda akan meningkat
Baca juga: Contoh Model Gerobak Angkringan Unik Modern Untuk Usaha Jualan
Sebenarnya ada masih banyak cara lagi yang cukup baik untuk meningkatkan ke efektifan pemasaran online anda yaitu bisa memasarkan produk melalui Toko Online, karena dengan adanya toko online anda.
Bisa memasarkan produk anda dan membuktikan bahwa anda serius menjual sebuah produk, jadi tidak hanya melui ruko atau Sosial media saja. Untuk anda yang tertarik dan ingin membuat toko online. Silahkan baca panduan lengkap tata cara membuat toko Online secara gratis.
Baik? Sementara itu,ini dulu saya sampaikan, maaf jika ini tidak terlalu membantu, karena ilmu yang baik adalah ilmu yang kita pelajari sendiri
4. Gunakan Email Untuk Promosi
Jika anda sering berkunjung di wabsite atau blog orang asing yang membahas atau tutorial, maka hampir semuanya memberi kontak bertuliskan Follow by Email. Normalnya jika Anda memasukan alamat Email anda dan memutuskan untuk menjadi subcriber, maka email yang dikirim ke anda adalah sesuatu pemberitahuan mengenai update terbaru dari situs tersebut.
Sebagai contoh, jika anda berlangganan email dari situs atau wabsite berguru di SEO, maka setiap kali blog ini update maka email yang dikirimkan ke anda adalah sebuah pesan yang isinya update terbaru tentang blog ini yang didalamnya berbrentukan artikel mentahan.
Baca juga: 8+ Kesalahan Masalah Dalam Promosi Produk Online, Jangan Biarkan Kendala Hambatan Promosi ini Terjadi Lagi
Dan jika anda jeli sebenarnya Anda bisa memanipulasi hal tersebut, dengan menjadikan pesan tersebut dari email anda yang seharusnya berisi pemberitahuan update manjadi pemberitahuan update menjadi email yang berisi promosi atau pemasaran online barang atau produk dagangan Anda, tenti ini akan lebih efektif.
Caranya? Ilmu ini saya dapat dari ebook gratis yang dibagi oleh Mas Syamsul Alam diman beliau menjelaskan bahwa kita bisa memanipulasi feed pada sebuah kontak email di suatu blog dengan feed dari blog orang lain yang khusus promosi.
Sebagai contoh anda harus mempunyai 2 blog
- Blog utama
- Blog promosi
Jika anda saat masuk ada pengunjung yang memasuki emailnya dengan blog tujuan untuk berlangganan news feed dari blog utama maka anda bisa menipulasinya dengan mengubah umtuk berlangganan di blog promosi jadi pengunjung yang awalnya akan menyangka mendapatkan newsfeed dari blog utama, tidak tahu bahwa sebenarnya dirinya telah berlangganan dengan newsfeed dari blog promosi
Selanjutnya silahkan Anda buat artikel atau postingan diblog promosi yang berisi banyak promo atau pemasaran secara online, maka akan secara otomatis, para subcribers akan mendapatkan email promosi di kontak atau akunmasuk masuk mereka, ini adalah sebuah cara memasarkan online yang sangat efektif dan efisien.
5. Riset Barang dan Pasar
Langkah pertama yang harus anda lakukan pemasatan online menentukan barang dan meriset paksa pasar terlebih dahulu, melihat persaingan yang ada dan mulai memikirkan apakah anda masih bisa menyediakan barang atau jasa yang lebih baik dari yang sudah ada.
Misalkan anda ingin membuka usaha kuliner riset pasar yang harus anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak penjual usaha kuliner tersebut, yang ada di lingkungan anda, jika persaingan tidak terlalu banyak atau ketat, maka riset kedua yang harus anda lakukan adalah menanyakan kepada diri anda sendiri apakah bisa menyediakan usaha kuliner yang enak (lebih murah, lebih sehat) dari pesaingan anda tersebut.
Jika anda merasa tidak sanggup atau menyerah, maka mundurlah, dan lakukan riset barang yang lainya, jika anda terlalu memaksa untuk tetap berbisnis kuliner, namum pasaing yang lebih baik dari yang anda tawarkan, maka bukan untuk yang anda dapat melainkan rugi yang anda dapat.
6. Gali Kebutuhan Konsumen
Didalam melakukan riset, tugas Anda tidak hanya mencari yang harga atau memiliku keuntungan sangat besar saja, melainkan anda harus melakukan riset dan mencari tahu yang dibutuhkan konsumen, sebagai contoh dari pada anda menjual ikan Nila sangat besar.
Karena keuntungannya yang didapat sangat besar minsalkan Nono adalah memelihara ayam maka sekeras apapun anda mencoba menjual ikan mahal tersebut yang tidak dibeli, karena konsumen anda tidak membutuhkan ikan tersebut, dan tentunya akan berbeda cerita jika anda menanyakan langsung kepada konsumen, mengenai ikan apa yang ia butuhkan, minsalkan teman anda tersebut menjawab ikan hias.
Maka dari itu berusahalah untuk memasarkan ikan hias, ini akan lebih efektif atau tepat sasaran, karena konsumen anda jelas membutuhkan ikan hias untuk jadikan paliharaannya dan sia - sia saja jika anda memaksa untuk menjual ikan Nila. Jadi disinilah akan pentingnya untuk mencari tahu yang dibutuhkan oleh konsumen sebelum memasarakan produk anda.
7. Pilih Kalimat Closing Yang Tepat dan Benar
Seperti yang anda ketahui Closing adalah bagian terpenting dalam dunia marketing, karena usaha anda akan di tentukan pada bagian ini, apakah promosi anda berhasil atau sebaliknya tidak karena anda salah sedikit saja itu akan memengaruhi dalam memilih kalimat Closing yang benar - benar berdampak pada potensi calon pembeli maka jangan anda menyesal jika calon pembeli anda tersebut kabur
Ada beberapa contoh kata yang salah saat closing:
Jadi beli atau tidak ?
Mau, beli sekarang atau besok ?
Usahakan untuk menghindari atau menggunakan kata - kata dan cobalah untuk menggantinya dengan kata - kata berikut ini :
Jadi, mau ambil produk ini atau yang itu, pak ?
Tidak ada jaminan produk masih tersisa sampai besok pak
Yang harus diperhatikan adalah pada teknik closing adalah keyakinan pelanggan untuk melakunan pemesanan cepat atau secepatnya, karena jika di ulur - ulur itu akan berpotensi pada pelanggan menjadi berubah pikiran.
Seperti yang anda ketahui Closing adalah bagian terpenting dalam dunia marketing, karena usaha anda akan di tentukan pada bagian ini, apakah promosi anda berhasil atau sebaliknya tidak karena anda salah sedikit saja itu akan memengaruhi dalam memilih kalimat Closing yang benar - benar berdampak pada potensi calon pembeli maka jangan anda menyesal jika calon pembeli anda tersebut kabur
Ada beberapa contoh kata yang salah saat closing:
Jadi beli atau tidak ?
Mau, beli sekarang atau besok ?
Usahakan untuk menghindari atau menggunakan kata - kata dan cobalah untuk menggantinya dengan kata - kata berikut ini :
Jadi, mau ambil produk ini atau yang itu, pak ?
Tidak ada jaminan produk masih tersisa sampai besok pak
Yang harus diperhatikan adalah pada teknik closing adalah keyakinan pelanggan untuk melakunan pemesanan cepat atau secepatnya, karena jika di ulur - ulur itu akan berpotensi pada pelanggan menjadi berubah pikiran.
Penutup
Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda terhadap suatu online business dan juga internet marketing, Good luck.
0 Response to "7 Tips Jitu Pemasaran Online Yang Paling Efisien dan Efektif"
Post a Comment