8+ Kesalahan Masalah Dalam Promosi Produk Online, Jangan Biarkan Kendala Hambatan Promosi ini Terjadi Lagi
Wednesday, 4 April 2018
Kesalahan dalam promosi - tahukah anda bahwa biasanya dalam membesarkan usaha ataupun produk baru memang diperlukan marketing, namun ternyata masih ada yang melakukan kesalahan dalam promosi produk online di internet maupun media sosial, hal ini karena ingin menggunakan cara instant untuk meraih penjualan, maka dari itu kesalahan dalam promosi produk akan terlupakan.
Tahukah anda bahwa pemasaran produk online memang penting sekali untuk mendapatkan banyak pelanggan, apalagi produk yang anda jual tersebut memang di butuhkan banyak orang, maka jangan sampai masalah dalam dunia marketing agar nantinya penjualan tidak menurun. Jika kesalahan promosi ini terus anda lakukan pastinya penjualan produk tidak akan naik.
Memang sekarang anda sering terjebak dalam hambatan promosi produk atau sering disebut juga dengan kendala promosi online, sudah kita ketahui sebelumnya bahwa kesalahan yang terjadi jangan sampai terulangi lagi, sebab tujuan utama anda dalam pemasaran produk adalah meningkatkan konversi penjualan dari yang sebelumnya, nah apabila anda penasaran apa saja hambatan promosi yang tidak boleh terjadi lagi, jawabannya ada dibawah ini.
Jika anda selama ini sering mengalami yang namanya kendala promosi maka bisa saja penyebabnya karena melupakan riset produk, perlu anda ketahui bahwa riset disini sangat penting sekali untuk mengetahui jenis produk yang sedang trending.
Dalam memanfaatkan riset produk disini anda dapat tahu jenis produk apa nantinya yang akan laku bila dijual, jadi disini anda tidak akan kebingungan dalam menjual produk yang jenisnya paling dibutuhkan sehingga tidak ada lagi kendala dalam promosi produk online.
Untuk salah satu tools situs yang memudahkan anda dalam melakukan riset produk adalah dengan bantuan google trends, dalam situs google trend anda dapat menemukan bahkan melihat apakah produk yang anda jual tersebut bisa laku.
Contohnya anda ingin melihat perkenbangan jenis produk cupcake, maka nanti akan muncul data statistik atau grafik perkembangannya yang sering dicari semua orang, berarti cupcake saat ini adalah jenis produk yang cocok untuk dijual dan target marketnya juga bisa dibilang sangat luas.
Anda juga bisa menulis kata kunci lainnya yang menurut anda sesuai dengan jenis produk yang mau dipasarkan, contohnya ialah "pencabut komendo", "obat jerawat" dan lain-lainnya.
Ini perlu anda ingat, sebab ada banyak sekali yang mengabaikan waktu promosi dalam pemasaran sebuah produk, ini merupakan suatu hambatan dalam promosi yang sering terjadi, bahkan lebih parahnya lagi selalu saja diterapkan semua orang.
Tahukah anda bahwa dalam strategi promosi yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam mengatur waktu marketing, anda dapat menyesuaikannya sendiri sesuai dengan target market pelanggan produk yang ingin di bidik.
Dibawah ini merupakan waktu promosi yang tepat di media sosial, sehingga anda bisa mengaturnya..
Tahukah anda bahwa pemasaran produk online memang penting sekali untuk mendapatkan banyak pelanggan, apalagi produk yang anda jual tersebut memang di butuhkan banyak orang, maka jangan sampai masalah dalam dunia marketing agar nantinya penjualan tidak menurun. Jika kesalahan promosi ini terus anda lakukan pastinya penjualan produk tidak akan naik.
Masalah Dalam Pemasaran Dan Solusinya
Memang sekarang anda sering terjebak dalam hambatan promosi produk atau sering disebut juga dengan kendala promosi online, sudah kita ketahui sebelumnya bahwa kesalahan yang terjadi jangan sampai terulangi lagi, sebab tujuan utama anda dalam pemasaran produk adalah meningkatkan konversi penjualan dari yang sebelumnya, nah apabila anda penasaran apa saja hambatan promosi yang tidak boleh terjadi lagi, jawabannya ada dibawah ini.
1. Mengabaikan Riset Produk
Jika anda selama ini sering mengalami yang namanya kendala promosi maka bisa saja penyebabnya karena melupakan riset produk, perlu anda ketahui bahwa riset disini sangat penting sekali untuk mengetahui jenis produk yang sedang trending.
Dalam memanfaatkan riset produk disini anda dapat tahu jenis produk apa nantinya yang akan laku bila dijual, jadi disini anda tidak akan kebingungan dalam menjual produk yang jenisnya paling dibutuhkan sehingga tidak ada lagi kendala dalam promosi produk online.
Untuk salah satu tools situs yang memudahkan anda dalam melakukan riset produk adalah dengan bantuan google trends, dalam situs google trend anda dapat menemukan bahkan melihat apakah produk yang anda jual tersebut bisa laku.
Contohnya anda ingin melihat perkenbangan jenis produk cupcake, maka nanti akan muncul data statistik atau grafik perkembangannya yang sering dicari semua orang, berarti cupcake saat ini adalah jenis produk yang cocok untuk dijual dan target marketnya juga bisa dibilang sangat luas.
Anda juga bisa menulis kata kunci lainnya yang menurut anda sesuai dengan jenis produk yang mau dipasarkan, contohnya ialah "pencabut komendo", "obat jerawat" dan lain-lainnya.
2. Waktu Promosi Yang Salah
Ini perlu anda ingat, sebab ada banyak sekali yang mengabaikan waktu promosi dalam pemasaran sebuah produk, ini merupakan suatu hambatan dalam promosi yang sering terjadi, bahkan lebih parahnya lagi selalu saja diterapkan semua orang.
Tahukah anda bahwa dalam strategi promosi yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam mengatur waktu marketing, anda dapat menyesuaikannya sendiri sesuai dengan target market pelanggan produk yang ingin di bidik.
Dibawah ini merupakan waktu promosi yang tepat di media sosial, sehingga anda bisa mengaturnya..
Misalnya...
Anda ingin mempromosikan produk berjenis pakaian pria yanf targetnya adalah anak muda ( jenis baju distro ) maka waktu yang tepat adalah jam istirahat seperti di siang hari antara jam 2-5 siang dan 6-8 malam.
Anda dapat menentukan ataupun memikirkan kapan waktu yang tepat, sesuai target produk tersebut, jadi disini anda jangan sampai melakukan kesalahan dalam promosi yang bisa menyebabkan produk gagal terjual.
3. Target Konsumen Yang Salah
Ini merupakan salah satu masalah kendala kendala pelaksanaan promosi sebab tidak tahu target market konsumen yang jelas,al hasil produk gagal closing, tidak laku terhadap pasar media sosial yang dijangkau.
Saya yakin, anda pasti sering mengalami ini, contohnya anda akan menjual produk jijab elegan, lalu target yang anda bidik di facebook adalah anak muda perempuan yang sifatnya kids jaman now. 100% pasti gagal laku..
Apa sebabnya..
1. Mereka tidak punya rekening
2. Lebih menyukai gaya trending
3. Tidak punya penghasilan
Sedangkan audiens yang sebenarnya adalah ibu-ibu muda muslim berusia antara 22-46 tahun.
Jika anda kebingungan mencari target audiens, maka disini anda bisa menggunakan situs untuk mencari target yang tepat sasaran di media sosial yaitu Searchisback
Anda bisa memasukan database atau data pribadi seseorang sehingga akan muncul sesuai dengan interest yang anda inginkan.
Kembali ke topik..
Produk yang anda jual adalah hijab elegan (ibu ibu muda muslim), maka database nya seperti ini.
1. Search for: masukan data non friend
2. Gender : targetnya perempuan
3. Interest in : women
4. Relationship status : Married (yang sudah menikah)
5. Interest (hasil yang dimunculkan) : Hijab Wanita Cantik
6. Born : rentang umur yang di target 1992, atau bisa anda sesuaikan.
Klik find people.
Nanti akan muncul secara otomatis data pribadi target konsumen anda yang sangat jelas. Pastinya ibu-ibu muda muslim yang sangat menyukai hijab.
Jika anda menggunakan situs ini maka akan ada banyak manfaat yang anda dapatkan.
- Mencuri persaingan kompetitor
- Target yang tepat sehingga penjualan lebih meningkat
- Lebih cepat closing
- Tidak salah sasaran konsumen
Note: gunakan interest pada halaman facebook yang paling banyak disukai dan sesuai dengan produk.
4. Melupakan Sales funnel
Jika anda selama ini selalu mengalami penjualan yang tidak efektif bisa jadi karena melupakan teknik sales funnel, perlu anda ketahui juga bahwa penjualan yang efektif didasari dengan pola yang baik juga, ini sering disebut sebagai teknik sales funnel guna untuk meningkatkan konversi penjualan.
Apa itu sales funnel? Pengertian sales funnel adalah penjualan yang dilakukan secara bertahap, tidak langsung main kasar, sehingga tidak akan terjadi lagi yang namanya masalah dalam promosi.
Sales funnel sering diterapkan oleh marketing yang sudah handal, anda wajib tahu tekniknya, polanya yaitu seperti ini.
Biasanya dari 90% cutomer, hanya sebagian yang jadi membeli dengan anda, yaitu hanya kisaran 50% saja. Lalu kemana 40% nya, tentu saja mereka tidak jadi membeli karena suatu alasan.
Maka dari itu anda perlu melakukan sales funnel untuk mengundang cutomer lain supaya jadi membeli dengan anda..
Pelu anda ingat, bahwa dari banyaknya customer yang anda dapatkan, pastinya mereka tidak langsung membeli dari anda, walaupun anda menjelaskan manfaat produk, tentunya akan ada rasa ragu dari proses transaksi.
Jadi sales funnel ini akan memberikan solusi.. Inti dari presentase tersebut ialah :
- Awareness, memperluas branding anda di akun media sosial, mulailah akrab dengan orang lain sehingga anda bisa membangun keterikatan hubungan baik
- Interest, Mulailah untuk melihat bahwa produk anda sangat dibutuhkan bagi mereka, tapi dari ini anda harus kuat membangun branding di media sosial.
- Decision, ketiga adalah keputusan, berikan keputusan yang tepat supaya orang lain terlibat dalam produk anda, seperti memberikan sampel gratis, webinar gratis, dan lain-lain, sehingga bisa membuat anda menjadi sosok terpercaya
- Action, ini adalah langkah terakhir, berikan action dengan menawarkan sebuah produk.
Tahukah anda bahwa orang lain tidak ingin membeli kalau belum kenal dengan anda, bahkan bahasa lainnya belum akrab
Data di atas menunjukan bahwa 55% orang yakin membeli kalau ia percaya dengan anda, salah satunya buyer.
Betul..
Jadi sebelum jualan, bangun persoal branding anda terlebih dahulu, berikan apresiasi terhadap audiens, bisa jadi dengan komentar maupun pujian. Sehingga akan menghasilkan reputasi yang positif bagi usaha anda.
5. Melupakan Website
Jualan di media sosial saja kurang ampuh, jadi lakukan pemasaran melalui website, jangan sampai kesalahan dalam promosi yang hanya terpacu ke media sosial saja, karena jika anda promosi tanpa adanya website maka sama saja bunuh diri secara perlahan.
Pengaruh website sangat besar terhadap pemasaran, salah satunya yang bisa anda lakukan adalah membuat content marketing ataupun video marketing dalam blog tersebut, sehingga akan terjadi sebuah penjualan produk.
Tahukah anda bahwa pengaruh social media marketing terhadap penjualan saat ini hanya sekitar 24% saja, jadi itu masih belum seberapa kalau anda ingin mendongkrak penjualan di internet memakai teknik pemasaran.
Presentase diatas menunjukan bahwa pengaruh website terhadap marketing adalah 57% ,bisa dibilang nominal yang sangat besar, sebab optimasi SEO sangat diperlukan bagi sebuah website bisnis.
Apabila anda ingin mulai berjualan maka buatlah sebuah blog baru secara gratis, bisa melalui alamat blogger maupun wordpress, lalu isi konten yang bermanfaat bagi orang lain, setelah itu anda bisa berjualan di dalam konten tersebut dengan menawarkan sebuah produk.
Jangan lupa juga untuk melakukan promosi terhadap konten blog anda, bisa melalui media sosial ataupun yang lainnya. Apabila anda ingin konten masuk ke halaman pertama google maka lakukan optimasi SEO supaya bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak.
Pengaruh seo terhadap website sangat ampuh sekali, karena akan mendatangkan trafik pengunjung yang lebih banyak sehingga akan terjadi sales konversi penjualan yang lebih baik
Untuk teknik SEO dasar anda hanya cukup menulis konten yang bermanfaat bagi orang lain tapi sifatnya menjual yang tidak ada mengandung unsur copas di website orang lain, jika semakin original maka peluang untuk masuk halaman terbaik google akan semakin besar.
6. Kurang Komunikasi
Ini termasuk masalah sepele dan tergolong ke dalam contoh masalah pemasaran dalam perusahaan maupun bisnis UKM produk lainnya. Perlu anda ketahui bahwa menjalin komunikasi adalah hal utama untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, agar bisa meraih penjualan profit yang lebih bagus.
Apabila pelanggan terus bertanya maka jawablah dengan ramah, jangan sesekali menjadi sosok yang slow respon dalam pelayanan produk. Anda bisa saja di cap sebagai penjual yang sombong, jadi jangan sesekali menjadi orang yang negatif dalam pelayanan
Banyak orang mengatakan pembeli adalah raja, anggapan tersebut memang benar, faktanya dalam penjualan produk berawal dari komunikasi yang baik antar konsumen, dibawah ini adalah bukti positif bahwa komukasi adalah hal utama.
Jadi ketika ada pelanggan yang bertanya, jawablah dengan ramah, apabila mereka tidak jadi membeli, maka lakukan follow-up dengan baik seperti melakukan dorongan dengan memberikan sampel produk maupun harga diskon.
Salah satunya adalah brand Lifull yang dapat membentuk hubungan baik antar pelanggan setia mereka yakni dengan memberikan sampel snack gratis bagi siapa saja yang beruntung, terbukti dari adanya kontes ini mereka dapat menjadikan brand produk lebih terkenal.
7. Melupakan Copywriting
Jika selama ini ada sudah jelaskan produk panjang lebar, dan tidak ada yang membeli satupun, bisa jadi karena kesalahan dalam promosi menggunakan copywriting, sebab menjelaskan produk panjang lebar akan kurang efektif tanpa bumbu copywriting.
Sebenarnya copywriting adalah menghipnotis pembaca lewat kalimat sehingga akan tertarik untuk membeli produk anda, maka dari itu copywriting sangat berperan penting sekali dalam strategi pemasaran produk baru.
Dalam pembelajaran teknik dasar copywriting terbagi menjadi 4 macam, yaitu dengan menerapkan konsep A I D A, dengan konsep ini anda dapat mempelajarinya dengan mudah.
- Awareness, strategi memberikan perhatian kepada audiens, bisa dengan gambar, video, ataupun kalimat yang mengundang hasrat.
- Interest, jelaskan masalah audiens yang ingin dihadapi ( masalah yang sulit diatasi)
- Desire, berikan sebuah solusi yang tepat atau jitu
- Action, Solusinya adalah produk anda
Dalam contoh copywriting untuk promosi adalah seperti ini ( contohnya menjual obat diet ) agar nantinya anda paham supaya tidak salah dalam promosi di media sosial ataupun website lainnya.
-------------------------------------
RIBET BERAT BADAN TIDAK TURUN-TURUN !
Apakah anda saat ini sulit sekali menurunkam berat badan, padahal sudah melakukan olahraga pulahan kali, diet makanan tetap saja tidak turun-turun, malahan terus bertambah, tentunya akan membuat anda letih sendiri untuk menghabiskan biaya.
Jangan biarkan masalah itu terus terjadi, apabila anda salah satunya maka saya akan memberikan solusi yang ampuh, dijamin anda bisa turun 5kg dalam 7 hari saja, produk tersebut adalah SEat terbukti aman, khusus 2 orang pembeli pertama akan medapatkan kupon termurah, kontak sekarang..
-------------------------------
Perlu anda ketahui juga bahwa dalam membuat kalimat promosi yang didasari copywriting harus bernuansa negatif, artinya pada bagian interest dan awareness anda harus menjelaskan masalah yang mereka hadapi atau sulit sekali teratasi.
Diatas menggambarkan bahwa presentase kalimat negatif yang ada pada copywriting dapat meningkatkan penjualan dibandingkan kalimat positif yang hanya fokus terhadap keunggulan produk, padahal manfaat yang didapatkan oleh konsumen itulah yang perlu anda tulis.
Contohya adalah rumahweb yang melakukan promosi domain yang menggunakan copywriting yang bagus di website mereka, harga murah dan masa berlaku juga mereka tampilkan untuk mendapatkan pelanggan terbaik, terbukti sampai sekarang sudab ada 500 lebih orang yang rela membeli server hosting harga termurah.
8. Teknik Closing Yang Salah
Ini adalah kesalahan dalam promosi terakhir yang masih saja diterapkan dalam berjualan, sehingga produk tidak yang jadi membeli. Apabila anda sebelumnya pernah chatting konsumen yang berencana membeli tapi ujung-ujungnya di PHP-in pasti anda sangat kecewa sekali.
Kebanyakan konsumen memang seperti itu, sifatnya yaitu CLBK (chat lama beli kagak), saya yakin pasti anda kesal. Tapi ada solusinya sederhana yang sangat jitu untuk menyakinkan konsumen menjadi pelanggan setia anda.
Tipsnya apabila konsumen yang ingin membeli lalu bertanya, maka jawab terus dengan pertanyaan yang ujung-ujungnya hingga terjadi transaksi pesanan, intinya jangan biarkan konsumen kebingungan untuk bertanya, jadi usahakan ketika anda menjawab berikan pertanyaan tentang produk.
Mungkin itu masih kurang lagi, biasanya ketika konsumen ingin membeli pasti ujung-ujungnya tetap PHP, tidak merespon anda, solusinya adalah berikan diskon termurah pada produk tersebut, dan untuk esok harinya akan mengalami kenaikan 2 kali lipat, jadi produk tersebut hanya murah untuk konsumen.
Untuk merubah konsumen menjadi pelanggan setia sehingga anda bisa lebih jago dalam mendongkrak profit, maka jawabannya anda perlu balik ke poin nomor 6 yaitu membangun branding komunikasi yang baik. Bukti data seperti bawah ini.
Orang akan lebih menyukai terhadap sosok yang kepribadiannya baik, jadi jika konsumen tetap tidak membeli, anda perlu mendorong mereka terus supaya menjadi pelanggan aktif, caranya cukup sederhana.
1. Bisa dengan memberikan
sampel gratis.
2. Memberikan diskon
3. Produk dengan bonus
4. Webinar
Note: apabila anda ingin download ebook Rahasia 7 Hari Jago Juragan Penjualan seharga Rp. 150.000 secara GRATIS, maka download sekarang juga disini 7 Hari Jadi Juragan
Tapi itu masih belum apa-apa..
Anda harus hati-hati dalam promosi online !!!
Saat ini anda sering salah dalam pemasaran online, bingung polanya bagaimana, al hasil penjualan tidak pernah laku, padahal sudah promosi kesana kemari.. Anda sungguh rugi sekali.
Buang-buang kuota saja, ingat tujuan utama anda adalah menjadi orang sukses dalam berjualan jangan biarkan tangan dan jari anda capek begitu saja, tidak membuahkan hasil yang besar.
Jika anda mengalami masalah seperti itu maka solusinya yang tepatnya ialah membeli produk Panduan Rahasia Sukses Berjualan Online, saya jamin dalam beberapa hari saja anda sudah bisa mendapatkan banjir orderan.
Apa saja yang anda dapatkan nantinya jika membeli produk ebook tersebut.
- Dapat mendongkrak penjualan 3 kali lipat
- Meningkatkan omzet puluhan juta
- Jago mendapatkan lebih banyak pelanggan, bahkan ratusan
- Tidak salah lagi dalam pola berjualan
- Dijamin produk akan laris di mata konsumen
Sudah ada banyak orang yang membuktikan, berikut adalah bukti orang yang sudah sukses membaca ebook jago jualan online, jadi anda jangan hanya menjadi penonton, prioritas utamanya harus sukses juga.
Harga yang ditawarkan ebook tersebut khusus bulan ini yakni hanya Rp. 225.000 , untuk bulan depan akan naik kembali menjadi lebih mahal yaitu Rp. 335.000.
Jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini, dalam ebook tersebut akan dijelaskan 49+ trik jualan online agar bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.
Apabila anda berminat ingin membeli sekarang juga, silakan klik disini BELI SEKARANG SEBELUM KEHABISAN
Sungguh rugi sekali jika anda tidak membelinya, karena anda hanya menjadi orang yang mempunyai sifat menonton, sedangkan bulan ini harga sangat murah.
Sekarang untuk sisa produk ini yaitu hanya tersisa 6, sudah ada banyak yang membelinya, giliran anda sebelum kehabisan.
Penutup
Demikian artikel tentang kesalahan dalam promosi, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi pembaca, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke media sosial lainnya.
Related Posts