-->

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan 2018

Usaha kecil di bulan puasa - pada menjelang bulan ramadhan kita memang perlu berpuasa, akan tetapi ada banyak orang yang masih menjalankan usaha kecil di bulan puasa ini, tentunya hasilnya memang sangat menguntungkan bagi anda, apalagi usaha kecil tersebut tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, sehingga profit yang didapatkan cukup banyak.
Jika anda salah satunya orang yang sedang mencari usaha di bulan ramadhan, maka artikel ini adalah jawaban yang sangat tepat bagi anda, karena saya akan mengulas secara lengkap tentang usaha rumahan bulan ramadhan maupun jualan yang sangat menguntungkan bagi pemula, bahkan beruntungnya lagi bahwa modal yang diperlukan tidak perlu banyak, cukup dengan beberapa ratus ribu saja anda sudah bisa jualan di bulan puasa.

Jajanan Bulan Puasa Paling Laris


Ini merupakan penjelasan tentang jajanan yang laris saat ingin menggeluti bisnis di bulan puasa, anda bisa menyimak ataupun mempraktekannya dengan memilih antar usaha jajanan berikut dibawah ini. Silakan anda simak baik-baik.

1. Jual Makanan

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Pada bulan ramadhan usaha yang sangat menjanjikan adalah menjual makanan, ada banyak sekali jenis makanan yang dapat anda jual, contohnya seperti kue basah, kue kering, ataupun masakan lainnya, dari banyaknya jenis makanan tersebut akan sangat laku bila dijual pada lokasi yang ramaj dikunjungi banyak orang. Perlu anda ketahui juga bahwa menjual makanan adalah kategori usaha yang sangat bagus bagi anda.

Baca juga 10 Cara Jitu Bisnis Online Makanan Agar Laris

Untuk pemilihan lokasi yang bagus alangkah baiknya anda bisa menentukan lokasi jualan pada pasar ramadhan yang ada di tempat anda, disana akan berkumpul banyak orang untuk berbondong-bondong jualan usaha mereka, sehingga akan ada banyak orang juga yang berbelanja untuk menu makanan sahur ataupun buka puasa.

2. Jual Kue

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Jika anda salah satu kategori orang yang hobi membuat kue, pastinya tidak ada salahnya untuk mencoba berjualan kue saat mendatang bulan ramadhan, ada banyak orang yang rela mengeluarkan uang mereka untuk membeli kue saat bulan ramadhan sebagai menu buka puasa, alangkah baiknya jual saja jenis kue yang rasanya manis, sebab kebanyakan orang lebih menyukai rasa yang manis.

Contoh kue yang terbilang cukup laku pada bulan puasa adalah resep kue pie susu, karena mempunyai cita rasa yang sangat nikmat dan lebih mengunggah selera anda, tapi bukan hanya itu saja, masih ada banyak lagi pilihan kue yang dapat anda jual, asalkan berkategori manis.

3. Sop Buah

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Siapa sih yang tidak mengenal sop buah, tentu saja anda pasti tahu sop buah, salah satu yang paling menonjol pada sop buah adalah rasanya yang sangat manis dan nikmat ketika di minum, selain itu sop buah juga dapat meredakan rasa haus saat menjalani bulan puasa ramadhan. Nah apabila anda ingin mencari informasi tentang jajanan bulan puasa paling laris maka jawaban yang paling tepatnya yaitu sop buah, anda dapat mengolahnya dengan berbagai macam varian rasa, warna, dan buahnya, pilihlah salah satu buah yang paling digemari banyak orang.

Untuk tempat berjualan bisa dijajakan pada tempat umum, namun yang paling banyak dan dominan agak laris adalah di pinggir jalan ataupun di pasar ramadhan, dari sekian banyak orang tentunya lebih menyukai sop buah sebagai menu penghilang dahaga haus dan sangat cocok dikonsumsi saat buka puasa.

4. Es Kelapa Muda

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Punya stock kelapa yang banyak, maka alternatif peluang usaha jualan di bulan puasa yang paling tepat adalah menjual es kelapa muda, dalam pembuatannya juga tergolong mudah sekali, artinya ansa tidak perlu mencampurkan dengan jenis buah apapun, hanya dengan air dan daging kelapa muda saja akan sangat laris dijual di pasaran, dan sangat cocok bila anda jadikan bisnis sampingan pada bulan ramadhan.

Agar rasa es kelapa anda lebih nikmat atau manis lagi, salah satu langkah jitunya adalah memberikan sesendok madu pada 1 gelas es tersebut, pastinya cita rasa yang dimiliki akan lebih enak di bandingkan es lainnya. Selain itu juga es kelapa sangat bermanfaat dalam membantu menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh seseorang.

5. Gorengan

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Menjual gorengan adalah pilihan jalan yang sangat tepat bagi anda yang ingin memulai usaha saat bulan puasa, sebenarnya ada banyak sekali orang yang sangat menyukai gorengan, oleh sebab itu ini merupakan peluang emas yang sangat menguntungkan, karena kebanyakan orang pada saat memasuki buka puasa tentunya akan lebih melahap gorengan, apapun jenisnya.

Ada banyak sekali jenis gorengan yang dapat anda buat, untuk salah satu gorengan yang sangat laris dipasaran bulan ramadhan adalah bakwan, tempe goreng, pisang goreng, dan lain sebagainya. Pililah lokasi jualan yang ramai, anda bisa menjajakan usaha anda menggunakan etalase sederhana ataupun gerobak mini.

6. Kurma

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Semua orang pasti mengenal yang namanya buah kurma, sebab kurma merupakan menu paling favorit saat buka puasa, nah jika anda ingin mencari usaha saat bulan ramadhan maka kurma adalah pilihan terbaik karena target market konsumen anda di semua kalangan yang rata-rata menyukai buah kurma.

Kurma merupakan buah yang sangat nikmat ketika dimakan saat menjelang buka puasa, anda bisa menjualnya kepada banyak orang maupun secara online, dengan begitu jangkauan target akan lebih baik, bahkan harga yang di beli melalui pemasok lebih murah dan ketika anda jual juga bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

7. Kolak

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Salah satu menu paling disukai banyak orang adalah kolak, dalam pembuatan minuman kolak memang tidak perlu membutuhkan modal yang banyak, cukup dengan beberapa puluhan ribu saja anda sudah bisa mengolah banyak jenis kolak, untuk bahan yang diperlukan diantaranya adalaj pisang, dan santan, dan singkong saja.

Anda dapat menjual olahan kolak di pasaf umum ramadhan, dari banyaknya orang yang berlalu-lalang disana tentunya ada yang menyukai minuman kolak, selain itu juga kolak menjadi pilihan nomor satu sebagai menu minuman yang laris di bulan puasa.

8. Lemang

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Lemang merupakan jenis makanan yang mirip seperti ketan, akan tetapi lemang dibungkus didalam bambu dan dilapisi dengan daun pisang sehingga akan menghasilkan cita rasa yang sangat nikmat, nah bagi anda yang kebingungan mau menjalankan usaha apa, maka cobalah menjual lemang di pasar ramadhan, tentunya akan lebih laku bila dijual dalam jenis yang banyak.

Baca juga Model Dan Harga Etalase Lemari Kaca Kecil

Untuk ukuran 1 jengkal lemang saja sudah dihargai sekitar 10 ribu rupiah, jadi harga seperti itu memang sangat banyak walaupun lemang yang dijual hanya 1 jengkal,  anda bisa membuatnya sendiri menggunakan batang pohon bambu dan sedikit lapisan daun pisang.

9. Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah jenis bubur yang paling banyak diminati oleh semua kalangan, dengan racikannya yang sangat lembut ketika di konsumsi menjadi suatu ciri khas tertentu bagi penikmatnya, sebab olahan yang dibuat yaitu melalui tepung beras yang di ayak hingga halus sehingga pada bubur tersebut mempunyai tekstur lembut. Ini adalah jenis makanan yang paling laris ketika di jajakan di bulan ramadhan, anda bisa mengolahnya dengan modal yang sangat sedikit.

Tentukan tempat lokasi berjualan, bisa menggunakan etalase kecil ataupun gerobak mini untuk menjajakan usaha bubur sumsum anda, perlu anda ketahui juga bahwa bubur sumsum merupakan pilihan makanan manis terbaik saat buka puasa, artinya keuntungan yang anda dapatkan dalam usaha ini terbilang cukup banyak mengingat peminatnya juga lumayan banyak.

10. Kue Cucur

Untuk usaha jajanan paling laku bulan puasa adalah menjual kue cucur, sebenarnya kue cucur merupakan kategori kue tradisional yang terbuat dari tepung beras san gula aren lalu di goreng hingga matang, cita rasa pada kue ini sangat khas, maka dari itu banyak sekali penggemarnya.

Kue cucur lebih afdol ketika dijual pada saat menjelang bulan ramadhan karena termasuk kategori makanan pencuci mulut yang sangat nikmat, anda dapat membuat kue ini dengan modal yang sangat kecil dan menjualnya menggunakan model gerobak mini, sehingga keuntungan yang didapatkan nantinya lebih besar dibandingkan modal yang dikeluarkan.

11. Jual Buah Segar

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Selain sop buah ternyata buah segar juga lebih laku saat dijual di bulan puasa, pastinya ini menjadi salah satu kategori bisnis di bulan ramadhan yang menguntungkan, memang ada banyak sekali jenis buah yang dapat anda jual kepada banyak orang, alangkah bainya pilihlah buah yang lebih dominan lakunya, maksudnya adalah buah yang banyak disukai orang contohnya adalah rambutan, melon, semangka, pisang, anggur, dan lain sebagainya.

Untuk salah satu buah jajanab yang paling laris bulan puasa adalah semangka, sebab saat ini buah semangka bisa dijadikan sebagai buah pencuci mulut anda ketika hendak selesai makan seperti sesudah buka puasa. Lokasi penjualan yang sangat tepat adalah sekitar pasar ramadhan ataupun pinggir jalan, gunakan etalase sederhana untuk menjajakannya.

12. Risoles

Risoles termasuk jenis makanan gorengan yang paling nikmat, dalam kulit lapisan risoles memiliki banyak sayuran dan jenis lainnya, seperti daging, wortel, mie, dan lain sebagainya, dalam pembuatan makanan risoles tergolong mudah sekali, namun apabila anda tidak ingin repot maka anda bisa membeli kulit lapisan risoles pada orang yang menjualnya, kemudian tinggal isi pada bagian dalamnya dengan daging ataupun sayuran lainnya.

Anda dapat menjual makanan risoles secara online pada bulan puasa, akan tetapi hanya menerima pengiriman ke wilayah kota anda saja, nah untuk 1 risoles dihargai sekitar 2 ribu rupiah, bayangkan saja bila anda telah mencapai target penjualan sekitar 50 risoles dalam sehari. Artinya profit yang anda dapatkan pada bulan ramadhan adalah 100 ribu dalam sehari saja.

13. Martabak Manis

Kue martabak memang sudah tidak asing lagi di sebagian banyak orang, selain itu kue ini juga telah menjadi primadona bagi setiap kalangan semua orang karena cita rasanya yang sangat manis, nah jika anda ingin menjualnya pada bulan puasa, silakan anda buat sendiri kue martabak tersebut, hanya mengeluarkan modal kecil saja seperti tepung terigu, coklat, dan minyk goreng maka anda sudah bisa membuat kue tersebut.

Baca juga Contoh Model Gerobak Angkringan Unik Untuk Jualan

Dalam berjualan di pasar ramadhan alangkah baiknya gunakan etalase model sederhana, jual kue dalam tekstur yang hangat dan lembut, bukan yang dingin, sebab orang banyak menyukai kue yang masih dalam keadaan hangat.

15. Jualan Ketupat

Bila ansa ahli dalam pembuatan ketupat maka tidak ada salahnya untuk menjual hasil karya anda pada saat bulan puasa mendatang, terbukti mereka yang ahli dalam pembuatan ketupat dapat meraup jutaan dalam hitungan beberapa hari saja. Biasanya ketupat sering digunakan dalam membuat nasi lontong atau biasa disebut nasi ketupat yang sering di padu dengan soto ataupun nasi sop.

Banyak warung makan memborong ketupat pada penjual, bahkan hal ini juga menjadi salah satu bisnis menjelang lebaran yang menjanjikan, silakan anda buat ketupat sebanyak mungkin, lalu pasarkan saja secara online, tentu saja nantinya akan ada banyak orang yang membelinya sebab sudah tidak menjadi suatu alasan lagi kalau nasi ketupat adalah hidangan favorit saat bulan puasa.

Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan


Di atas adalah termasuk kategori jualan laris di bulan puasa yang telah saya survei dengan baik, sekarang pada pembahasan kali ini anda wajib tahu mengenai peluang usaha di bulan puasa yang sedang menjadi musiman dan paling banyak diminati, silakan anda simak baik-baik saja dibawah ini.

16. Jasa Menjahit


Peluang bisnis bulan ramadhan dalam bidang menjahit memang sangat menguntungkan, bahkan tidak hanya itu saja, usaha di bagian jasa jahit menjadi lebih populer di indonesia karena baju yang robek atau celana yang robek pasti perlu untuk dijahit dibandingkan membeli yang baru.

Jasa jahit bisa meraup keuntungan yang sangat banyak ketika menjelang bulan puasa, bahkan dalam sehari saja mereka yang sudah ahli di bidangnya dapat meraup keuntungan hingga jutaan, nah apabila anda salah satu ahlinya silakan buka di rumahan, dan tawarkan jasa anda secara online.

17. Menjual Kembang Api


Sudah tidak di pungkiri lagi kalau menjual kembang api menjadi pilihan utama dalam bisnis menjelang lebaran yang menjanjikan, anda dapat memulainya dengan modal yang sangat kecil untuk membeli beberapa stock kembang api lalu menjualnya kembali dengan harga pasaran yang sudah anda tentukan, target market anda adalah kalangan anak muda dan anak-anak.

Bisnis bulan puasa ini bisa anda mulai di rumahan saja tanpa harus mempunyai lapak sendiri di pinggir jalan, anda bisa mendapatkan pelanggan dengan melakukan pemasaran online di internet.

18. Busana Muslim


Tahukah anda bahwa usaha yang menjanjikan bulan ramadhan adalah kategori di busana muslim, ada banyak sekali jenis baju yang bertemakan muslism yang dapat anda jual secara online ataupun di pasar ramadhan, contohnya seperti peci, busana muslim wanita, hingga pria. Kebanyakan dari menjual busana muslim memiliki keuntungan yang sangat banyak, biasanya profit yang anda dapatkan dari tiap penjualan adalah sekitar 30-50 ribu rupiah.

Anda tidak perlu membeli stock baju terlalu banyak, cukup menjadi reseller busana muslim saja untuk membeli beberapa, atau apabila anda tidak memiliki modal sepersenpun maka ansa bisa bergabung menjadi program dropshipper untuk menjualnya secara online.

19. Bisnis Tiket Pesawat


Biasanya tiket pesawat lebih trending bila dijadikan bisnis sampingan bulan puasa, karena banyak orang ketika menjelang lebaran sangat memerlukan tiket pesawat untuk berjalan-jalan atau berziarah ke berbagai kota. Jika anda ingin berbisnis rumahan bulan ramadhan maka jawaban yang paling tepatnya adalah memilih dalam menjual tiket pesawat online.

Pada dasarnya ada banyak sekali orang atau program yang menyediakan pendaftaran agen tiket pesawat online dengan modal yang sangat minim, pastinya menjual tiket pesawat termasuk usaha menggiurkan di bulan puasa sekarang ini, silakan cari yang menerima agan pendaftaran tiket pesawat secara online.

20. Toples Kue Lebaran

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Menjual toples kue lebaran memang terbilang sangat menguntungkan, bahkan saat ini ada banyak orang yang berbondong-bondong untuk menjual toples seperti ini, pada dasarnya ada berbagai macam bentuk varian toples yang sangat unik bila ingin dijual, tak hanya itu saja toples kue sangat dibutuhkan untuk menyimpan beberapa makanan saat menjelas lebaran, maka dari itu toples sangat laku jika di jual di pasar ramadhan.

Anda bisa memilih jenis toples yang terbilang unik, contohnya yaitu seperti toples kaca, plastik, dan lain sebagainya.

21. Kaos Distro


Semua orang pasti mengenal yang namanya kaos distro, jenis fashion pria yang satu ini akan sangat laris manis bila dijual saat menjelas bulan puasa ramadhan, karena target marketnya adalah anak muda yang menyukai hal keren, anda bisa memasarkan produk distro di pasar ramadhan ataupun menjualnya secara online. Untuk menemukan supplie kaos distro silakan anda cara di internet, lalu gabunglah menjadi reseller untuk membeli beberapa stock baju.

Baca juga Cara Memulai Bersagang Usaha Sembako Di Toko Dan Warung

Namun apabila anda belum memiliki cukup modal alangkah baiknya bergabung bersama sistem dropship, ini merupakan salah satu kategori bisnis lebaran tanpa modal yang menhasilkan keuntungan yang lumayan banyak, untuk pemasarannya cukup dilakukan secara online saja.

Usaha Musiman Di Bulan Puasa


Diatas merupakan penjelasan usaha rumahan di bulan ramadhan, akan tetapi kali ini kita akan membahas mengenai usaha musiman di bulan puasa yang menjanjikan, pastinya dari banyaknya kategori tersebut bisa anda tentukan sendiri untuk meraup keuntungan.

22. Jual Perlengkapan Sholat


Jika anda ingin mendapat keuntungan yang banyak maka cobalah dalam menjual perlengkapan sholat secara online ataupun offline, tahukah anda pada bulan puasa busana sholat sangat diperlukan, terlebih lagi masih ada banyak orang yang ingin mengganti perlengkapan sholat lama mereka menjadi yang lebih baru. Nah untuk modal yang diperlukan bisa dikatakan tidak terlalu besar, cukup membeli beberapa stock saja melalui supplier tangan pertama lalu anda jual dengan harga yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Biasanya profit yang didapatkan nantinya cukup besar, untuk penjual tiap perlengkapan sholat bisa anda ambil sedikit keuntungan yaitu berkisar antara 10-20 ribu rupiah untuk tiap penjualan, alangkah baiknya jualah perlengkapan yang sering diperlukan, contohnya seperti peci, jilbab, dan lain sebagainya.

23. Usaha Rental Mobil

26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan
Dalam berbisnis di bidang penyewaan mobil adalah kategoru yang sangat menggiurkan, bagaimana tidak, dalam penyewaan 1 mobil saja memiliki bayaran yang sangat besar, lalu mengapa jual beli mobil sangat dibutuhkan pada menjelang bulan puasa  ? Karena banyak orang memilih untuk menyewa mobil ketika ingin mudik ke kampung halaman bersama keluarga mereka.

Jadi bila anda mempunyai mobil yang sedang dalam keadaan nganggur, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa rental mobil untuk menambah uang sampingan anda, berikanlah tarif penyewaan yang relatif sedang, jangan terlalu mahal dan jangan juga terlalu murah.

24. Menjual Sendal


Ya.. Sendal memang sangat menjanjikan bila dijual di bulan ramadhan, banyak pebisnis UKM berlomba-lomba untuk menjual perlengkapan sendal kepada banyak orang, dalam beberapa hari saja mereka sudah bisa meraup keuntungan yang lumayan banyak, bahkan jika dijual secara online akan lebih laku di bandingkan offline, sebab banyak masyarkat indonesia lebih aktif di dunia internet.

Alangkah lebih baiknya jual semua sendal perlengkapan pria dan wanita, mereka akan cenderung memilih sendal yang bertema unik, dalam profit yang didapatkan biasanya sekitar 10-15 ribu rupiah, lakukan teknik pemasaran secara online di media sosial untuk mendapatkan pelanggan online.

25. Usaha Katering


Perlu anda ketahui jaman sekarang ini gaya hiduo seseorang akan lebih malas berbelaja keluar pada saat bulan puasa, hal ini tentunya akan membuka peluang yang sangat bagus bagi prospek usaha katering makanan di indonesia, masih ada banyak orang yang sudah sukses dalam menjalankan usaha ini dengan modal yang sangat minim, dan pastinya juga usaha katering terbilang mulai populer pada saat menjelang bulan ramadhan.

Orang akan lebih memilih untuk memesan makanan untuk mengantarkannya ke rumah, sebab mereka kebanyakan sibuk dengan kehidupan sehari-hari sehingga tidak sempat untuk memasak, maka dari itu katering adalah pilihan nomor satu bagi anda yang ingin mencari info usaha di bulan puasa.

26. Menjual Sepatu


Peluang usaha terakhir yang memiliki peminat yang cukup banyak adalah menjual sepatu, karena pada jaman sekarang sepatu menjadi suatu alasan untuk setiap orang agar terlihat lebih keren, terkadang juga sepatu sangat identik dengan hal yang bernama kids jaman now, jadi bila anda berminat untum menggeluati usaha ini di bulan puasa maka modal yang diperlukan tidak cukup banyak, anda cukup membeli beberapa stock sepatu melalui supplier pertama, lalu menjualnya dengan harga yang sudah anda tentukan.

Dalam jualan sepatu bisa anda jajakan lewat pasar ramadhan ataupun secara online, silakan anda pilih salah satu, akan tetapi yang lebih efektif anda bisa menjajakannya melalui pasar ramadhan yang sering dikunjungi banyak orang.

Penutup


Demikianlah artikel yang saya bahasa mengenai usaha kecil di bulan puasa, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan tambahan untuk anda terutama pembaca, apabila anda kurang bingung silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar bawah ini. Terima kasih.

2 Responses to "26 Usaha Bisnis Rumahan Modal Kecil Di Bulan Puasa Ramadhan Yang Menguntungkan 2018"

  1. Mantap sekali gan, kebetulan saya juga ingin membuka usaha sendiri di bulan Ramadhan ini.

    Semoga referensi yang agan sense berikan dapat menambah wawasan saya untuk membuka usaha di bulan Ramadhan.

    ReplyDelete