-->

gunakan besi hollow untuk membuat rumah


gunakan besi hollow untuk membuat rumah yang kuat

Apa itu besi hollow ?


Kami akan  menjelaskan tentang besi hollow
Dikatakan ‘besi hollow’ karena besi ini berbentuk batangan  yang berongga. Hollow  ialah  kata dalam Bahasa Inggris yang  memang  berarti ‘rongga’. Istilah besi holo didapat oleh pengucapan para tukang bangunan yang mungkin kurang fasih mendengar dan berucap dalam bahasa Inggris.
Besi hollow lebih tepat digambarkan berbentuk seperti pipa panjang berongga dengan penampang berbentuk segi empat sehingga sering  disebut dengan ‘pipa kotak’.
Besi hollow sebenarnya bernama hollowstructural section. Kadang salah kaprah disebut dengan hollow structural steel. Jenis besi yang termasuk dalam keluarga Besi HSS ini penampangnya dapat berbentuk lingkaran, elips, bujur sangkar, dan juga persegi panjang.
Besi hollow ini mempunyai  kegunaan  yang cukup banyak. Bukan hanya sebagai konstruksi penopang  plafon  saja, melainkan juga digunakan sebagai bahan pembuat rangka kanopi, pagar, teralis minimalis, railing dan sebagainya. Bahkan digunakan sebagai bahan utama dalam pemasangan panel gypsum maupun panel GRC.
Karena bentuknya yang seperti pipa kotak yang  lurus, maka banyak digunakan  juga sebagai material interior dan  furniture bergaya minimalis yang sedang trendy saat  ini.

Ada dua macam besi hollow yang ada di pasaran, yaitu:

macam-macam jenis besi hollow kotak antara lain seperti:

1.      Besi hollow galvanise
Besi ini merupakan pelapisan finishing yang berupa 97% unsur coating zinc dan 1% unsur coating alumunium serta sisanya unsur bahan lain. Untuk penerapan besi hollow yang satu ini haruslah diberikan anti karat dan jenis cat yang baik supaya tahan lebih lama meskipun nantinya diterpa hujan serta panas.
2.      Besi hollow galvalume
Galvalume ini merupakan sebutan untuk Zinc-Alume yang proses pelapisannya terdapat unsur alumunium dan besi. jika dilihat dari komposisinya, hollow galvalume ini pun memiliki ketahanan yang lebih baik dari karat atau korosi jika disamakan dengan galvanise. Karena kualitasnya yang baik ini maka otomatis harga dari galvalume ini pun akan lebih tinggi dari galvanise.
Produk besi hollow yang diproduksi dan dikeluarkan oleh setiap pabrik ini akan memiliki kualitas yang berbeda – beda. Oleh sebab itu, harga yang ada untuk tiap jenis besi hollow ini pun juga berbeda. Semakin bagus kualitasnya maka sudah pasti harganya akan semakin mahal pula. Namun, besi hollow yang dijual di pasaran ini pastinya memiliki standar ukuran. Diketahui bahwa dari macam-macam jenis besi hollow kotak ini berukuran 6 meter tetapi ketebalannya berbeda beda yang dimulai dari 0.6 mm, 0.7 mm, 0.8 mm, hingga sampai 1.7 mm.



0 Response to "gunakan besi hollow untuk membuat rumah"

Post a Comment